Pemkab Sidoarjo Kritisi Layanan PDAM – RSUD

Asisten Administrasi Umum Pemkab Sidoarjo, Kissiwo Sidi memberikan cenderamata kepada narasumber Letjen Purwoko Hadi. [achmad suprayogi/bhirawa]

Asisten Administrasi Umum Pemkab Sidoarjo, Kissiwo Sidi memberikan cenderamata kepada narasumber Letjen Purwoko Hadi. [achmad suprayogi/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Pemkab Sidoarjo mengkritisi pelayanan PDAM Delta Tirta Sidoarjo. Karena hingga kini masih banyak keluhan yang masuk dari masyarakat terkait masalah pelayanannya yang tidak, sehingga membuat pelanggan tidak puas.
Hal ini ditegaskan Asisten Administrasi Umum, Kissowo Sidi HP SH MH saat membuka acara launching Implementasi Perbup Nomor 12 tahun 2015 tentang Pusat Pelayanan Pengaduan Masyarakat (P3M) dan SK Bupati Nomor 188/288/404.1.3.3/2015 tentang Tim Pengelola Pelayanan Pengaduan Masyarakat, Rabu (15/4) kemarin di Ruang Delta Karya.
Menurut Kissowo, layanan PDAM masih kurang maksimal, selain airnya kurang lancar, sering tidak keluar dan kualitasnya sangat kurang baik, sehingga tak layak kalau disebut sebagai PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) karena memang tak layak untuk diminum. ”Lebih baik diganti saja dengan Perusahaan Daerah Air Bersih,” jelasnya.
Selain PDAM Delta Tirta, RSUD Sidoarjo juga dikritisi Kissowo, dengan cara membandingkan dengan layanan sebuah RS swasta di Surabaya.
Kissowo yang juga sebagai dewan pengawas RSUD Sidoarjo menjelaskan, ketika anaknya sakit, sebagai PNS Kissowo memilih untuk dirawat di kelas tiga. Karena merasa di kelas satunya tak mampu membayar. Oleh petugas dikatakan kalau untuk kelas tiganya kamarnya penuh. Akhirnya petugasnya melaporkan kepada pimpinannya, ternyata diberikan tempat sementara kelas satu selama tiga hari, sambil menunggu kelas tiganya kosong.
“Alangkah bagus pelayanannya dan ternyata selama menunggu kelas tiganya kosong, kami diberikan biaya kelas tiga, walaupun untuk sementara dirawat di kelas satu,” ujarnya.
Disisi lain, dalam lauching Implementasi Perbup Nomor 12 tahun 2015 tentang P3M  dan SK Bupati Nomor 188/288/404.1.3.3/2015 tentang Tim Pengelola Pelayanan Pengaduan Masyarakat bekerjasama dengan IUWASH-USAID. Menghadirkan narasumber Letjen Purwoko Hadi selaku Finance Government Advisor IUWASH Nasional. Kartika Hernawati Government Spesialist Nasional IUWASH dan Pimpinan IUWASH Provinsi Jatim. [ach]

Tags: