Pemkab Sidoarjo Membuka Pengajuan Dana Rehabilitasi Tempat Ibadah

Takmir Masjid dan Mushola diundang untuk diberikan informasi tata cara pengajuan dana bantuan rehabilitasi masjid/mushola pada tahun 2021 ini. [alikus/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa.
Para takmir Masjid dan Mushola di Kabupaten Sidoarjo yang ingin mendapatkan bantuan dana hibah untuk merehab tempat ibadahnya pada tahun 2021 ini, diberi kesempatan hingga batas tanggal 25 Pebruari mendatang, untuk segera mengirimkan permohonannya juga menginput datanya secara online.

Plt Kabag Kesra Pemkab Sidoarjo, M.Hudhori SIKom MIKom, mengatakan kalau pengiriman permohonan dan input data lebih dari tanggal tersebut, maka tidak akan bisa diproses lagi. “Karena itu kami mengundang perwakilan para Takmir Masjid dan Mushola yang hadir dalam kesempatan ini, supaya ikut mensosialisasikan kepada para Takmir masjid lainnya,” kata Hudhori, Selasa (9/2) kemarin, di ruang delta karya, yang mengundang perwakilan Takmir Masjid/Mushola, terkait pengajuan permohonan dana rehab Masjid tahun 2021 ini.

Dalam permohonan itu, para takmir juga harus menyertakan rekomendasi atau ID yang diperoleh dari pihak Kemenag Kabupaten Sidoarjo. Rekomendasi akan diberikan oleh pihak Kemenag, diantaranya harus memenuhi 9 buah unsur yang menjadi persyaratannya.

Salah satu diantaranya, domisili Masjid jelas, ada bukti kepemilikan, susunan pengurus Masjid dan profil dari Masjid. “Karena saat ini pengajuan permohonan bantuan rehab Masjid ini dengan cara aplikasi, sehingga mungkin perlu takmir Masjid yang bisa IT. Kalau tidak bisa, akan bisa repot,” kata Hudhori.

Maka tim dari Bappeda dan Bagian Pembangunan Pemkab Sidoarjo, kata Hudhori, akan siap memberi bimbingan pada para takmir Masjid yang punya potensi. Dikatakan Hudhori, pada tahun 2020 lalu, Masjid yang mendapat dana bantuan rehabilitasi ini, per Masjid sebesar Rp15 juta, sedangkan untuk Mushola sebesar Rp8 juta.

Dalam kesempatan yang sama, disampaikan Kepala Kemenag Kab Sidoarjo, M.Amir Sholehudin, pihaknya akan siap dalam membantu memberikan rekomendasi. Rekomendasi dalam waktu sehari saja akan bisa diberikan, jika memang memenuhi 9 point yang sudah disyaratkan. “Malah bisa jadi , berkas lengkap dalam 10 menit saja, bisa selesai, saya tidak membeda-bedakan Masjid dari golongan mana,” kata Amir, yang kemarin, juga dihadirkan sebagai salah satu narasumber kegiatan itu.[kus]

Tags: