Pemkab Sidoarjo Optimis Enam OPD Dapat Status WBBM dan WBK

Tim pendamping program ZI WBK dan WBBM Kab Sidoarjo, kemarin saat mengikuti penilaian virtual dari Tim penilai dari Kemenpan RB terhadap BKD dan Dispendukcapil Kab Sidoarjo. [alikus]

Sidoarjo, Bhirawa
Tim pendamping program zona integritas (ZI) Pemkab Sidoarjo, Inspektorat dan Bagian Organisasi Pemkab Sidoarjo, merasa optimis 3 OPD akan bisa mendapatkan status WBBM dan 3 OPD juga akan mendapatkan status WBK dari Kemenpan RB pada tahun 2020 ini.
Tiga OPD untuk status wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) adalah RSUD Sidoarjo, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, serta Kec Sukodono.
Sedangkan OPD untuk status wilayah bebas korupsi (WBK) adalah Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sidoarjo, Dispendukcapil dan Puskesmas Sidoarjo.
“Sejumlah seleksi telah dilalui oleh 6 OPD ini, semuanya telah berjalan lancar, kita tinggal berdo’a saja,” komentar Kepala Bagian Organisasi Pemkab Sidoarjo, Arif Mulyono SSTP MAP, Rabu (11/11) kemarin, usai mendampingi BKD dan Dispendukcapil Sidoarjo yang mendapat penilaian secara virtual dari Tim penilai dari Kemenpan RB.
Arif mengatakan, penilian sehari sebelumnya, kepada Puskesmas Sidoarjo. Dan penilaian pada 27 Oktober lalu kepada RSUD Sidoarjo, Kec Sukodono dan Dinas Penanaman Modal dan PTSP Sidoarjo.
Arif dan tim menyatakan optimis, sebab melihat kesiapan 6 OPD selama proses penilaian. Ini karena, 3 OPD untuk menuju WBK tersebut, merupakan tahun yang kedua.
Pada tahun yang pertama 3 OPD itu masih belum lolos. Sedangkan 3 OPD yang menuju WBBM itu, sebelumnya mereka sudah menyandang status WBK. Sehingga mereka juga berpengalaman dan lebih siap.
“Semua hasil penilaian itu, akan diumumkan pada awal Bulan Desember tahun 2020, karena ini program di tahun 2020,” kata Arif. Para pimpinan di Pemkab Sidoarjo, lanjut Arif, sangat mendukung terlaksananya dua program tersebut. Sebab outputnya adalah pelayanan publik yang prima kepada masyarakat dan tercipta wilayah kerja yang bebas dari korupsi.
Maka itu tim pendamping program ZI WBK dan WBBM, akan membantu proses pendampingan bagi OPD di Kab Sidoarjo yang serius untuk melaksanakan salah satu program dari upaya reformasi birokrasi tersebut.
Menurut Arif, pada awal tahun 2021 proses pendampingan sudah akan dimulai. Misaknya dalam masalah administrasinya dan kecukupan dokumennya. Pada Bulan Maret 2021, sudah akan diusulkan kepada tim penilai dari Kemenpan RB. Selanjutnya, mereka akan menentukan OPD mana yang layak untuk dilakukan survey. [kus]

Tags: