Pemkab Sidoarjo Siapkan Penampungan Warga Terdampak Banjir

Pj Bupati Sidoarjo berdiskusi dengan warga Perum Citraloka untuk mencari solusinya. [achmad suprayogi/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Ratusan Kepala Keluarga (KK) warga Perumahan Citraloka Residence di Desa Rangkah Kidul Sidoarjo mulai mengungsi akibat rumahnya terendam banjir setinggi lutut orang dewasa, sekitar 70 cm. Mereka mengungsi ke rumah saudaranya yang tidak terkena banjir, bahkan ada sekeluarga yang berangkat ke Surabaya.

Saat ini, Pemkab Sidoarjo sudah menyiapkan Rusunawa Gebang dan Balai Desa Rangkah Kidul sebagai tempat penampungan sementara bagi warga Perumahan Citraloka. Selain menyiapkan tempat penampungan sementara, Pemkab juga sudah berupaya melakukan penyedotan dengan pompa air yang berkapasitas besar. Namun, kondisi air yang cukup luas dan laut juga masih pasang, walaupun di pompa, arah air kembali berputar-putar di wilayah sekitarnya.

Kepala Desa Rangkah Kidul Warlheyono mengatakan hampir 95 persen area desanya terendam air, mulai perumahan BCF (Bumi Citra Fajar) dan yang paling parah di Perumahan Citraloka ketinggian rata-rata 70 cm. “Ini pertama kali banjir karena sebelumnya ketinggian air tidak sampai lutut dan air cepat surut. Namun kali ini ketinggian air bahkan ada yang sampai di atas lutut,” katanya.

Ia mengaku salah satu penyebabnya karena curah hujan cukup tinggi dan kiriman air dari wilayah barat. Pihaknya saat ini tengah menyiapkan tempat penampungan sementara di lapangan Perumahan Palazzo dan Kantor Balai Desa Rangkah Kidul. “Kami sampaikan terimakasih Pak Pj Bupati yang sudah dating memberi semangat warga, mudah-mudahan dengan kedatangan Pj Bupati membawa berkah untuk warga Desa Rangkah Kidul air cepat surut,” harapnya.

“Pj Bupati memberikan tempat, Rusunawa ini tempatnya lebih strategis, kami dukung warga yang renta usia sepuh atau lansia. Oleh karena itu, untuk RT 1 sampai RT. 22 akan kami data dan laporkan, selanjutnya warga akan kami amankan sesuai dengan petunjuk Pak Pj Bupati Sidoarjo,” terang Warlheyono.

Pj Bupati Hudiyono didampingi Kepala BPBD, Dwijo Prawito dan Plt Camat Sidoarjo Kota Imam Mukri bersama-sama menemui warga Perumahan Citraloka. Sambil membagikan masker, Hudiyono menyampaikan permintaan maaf ke warga Citraloka yang saat ini menghadapi musibah banjir sampai mengungsi. “Pemkab akan hadir dan terus melakukan upaya-upaya penanganan agar cepat surut dan meringankan beban warga,” kata Hudiyono pada Rabu (17/2) kemarin.

Sementara itu, Kepala BPBD Dwijo Prawito memastikan bahwa pompa di sebelah Perumahan Citraloka masih terus berjalan menyedot genangan air. BPBD juga akan menyiapkan alat kelengkapan seperti tenda jika nantinya diperlukan. “BPBD akan menyiapkan bantuan yang diperlukan, seperti bantuan permakanan dan memfasilitasi warga jika ada yang mengungsi ke tempat yang sudah disiapkan Pemkab,” katanya. [ach]

Tags: