Pemkab Situbondo Jalin Kerjasama Bersama Unars dan UKWM Surabaya

Bupati Situbondo Dadang Wigiarto disaksikan Rektor Unars Karnadi dan Rektor UKWM Surabaya, serta Kades Curah Cottok saat penandatangan MoU pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat. [sawawi]

Situbondo, Bhirawa
Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat Perguruan Tinggi, Pemkab Situbondo menjalin kerjasama berupa penandatanganan MoU dengan Universitas Abdurahman Saleh (Unars) Situbondo dan Universitas Katolik Widya Mandala (UKWM) Surabaya.
Bentuk kerjasama kedua belah pihak ini berupa pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat, bertempat di Cottok Inovation Park (CIP) Desa Curah Cottok, dimulai akhir pekan kemarin.
Bupati Situbondo, H Dadang Wigiarto SH, Rektor Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Rektor Unars Situbondo dan jajaran Forkopimca Kecamatan Kapongan. Rektor Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Drs Kuncoro Foe G Dip Sc, PhD Apt mengucapkan terimakasih karena mahasiswa diberi kesempatan mengamalkan pengabdian ilmu di Kabupaten Situbondo.
“Saya berharap dukungan dari berbagai pihak ini dapat mendukung keberadaan mahasiswa selama ada di Desa Curah Cottok. Semoga mereka dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar,” ujar Kuncoro.
Bupati Dadang berharap, adanya sinergi antara kampus Unars dan UKWM Surabaya sehingga kerjasama ini dapat berjalan dengan baik. Bupati Dadang juga menuturkan, sumbangsih dari kedua kampus bagi masyarakat Desa Curah Cottok akan menjadi pendorong bagi kemajuan Situbondo kedepan.
Tak hanya itu dengan adanya evaluasi, Situbondo akan mengalami perbaikan yang tidak hanya berasal dari sektor infrastruktur semata tetapi juga bersumber dari SDM yang ada. ”Dengan MoU ini nanti akan memunculkan inovasi – inovasi baru dalam konteks pariwisata, yang kini sedang dikembangkan serius Pemkab Situbondo,” papar Bupati Dadang.
Keberadaan kolaborasi Kampus Unars dan Universitas Katholik Widya Mandala Surabaya diyakini dapat memberikan sumbangan ide, yang dapat membantu ekonomi kebersamaan (Kobessa) yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Situbondo. Dengan program Kobessa ini, sinergi dua kampus dengan Pemkab Situbondo akan ikut andil dalam kesuksesan program unggulan yang kini diprioritaskan Pemkab Situbondo.
“Dengan adanya MoU ini kami sangat optimis dua sektor andalan Situbondo berupa pariwisata dan peningkatan ekonomi akan mengalami kemajuan,” pungkas Bupati Dadang.
Disisi lain, Samsuri, Kades Curah Cottok, Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo mengakui kerjasama dengan UKWM Surabaya sudah cukup lama terjalin. Yang pertama, ia melakukan kejasama penggunaan PLTS yang dapat membantu penggunaan saluran listrik untuk pengembangan aneka tanaman dikawasan pegunungan Desa Curah Cottok. [awi]

Tags: