Pemkab Situbondo Raih Penghargaan SPIP Level-3 dari BPKP RI

Wabup Yoyok Mulyadi disaksikan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat menerima penghargaan SPIP dari BPKP RI di gedung Grahadi Surabaya. [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo kembali meraih penghargaan bergengsi Senin kemarin (20/1). Kali ini Pemerintah Kabupaten Situbondo mendapat penghargaan dibidang Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Level 3 dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP RI) Perwakilan Surabaya.
Penghargaan SPIP tersebut diterima oleh Wakil Bupati Situbondo Ir. H. Yoyok Mulyadi MSi dari Didik Kridianto, Plt Deputi Pengawasan Internal Pemerintah Bidang Perekonomian dan Kemaritiman dengan disaksikan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.
Penghargaan ini berhasil diraih Pemkab Situbondo setelah melakukan tiga hal pada level 3 maturitas SPIP. Diantaranya, sebut Wabup Yoyok Mulyadi, Pemkab Situbondo sudah melaksanakan kebijakan atau SOP yang diimplementasikan oleh sebagian besar pejabat, para ASN dan unit kerja terkait yang ada di lingkungan Pemkab Situbondo.
Kata Wabup Yoyok, bukti kebijakan tersebut telah didokumentasikan dan diaplikasikan dengan baik. “Implementasi kebijakan telah mampu mengarahkan pencapaian tujuan Pemkab Situbondo. Artinya tidak ada permasalahan dari hasil pemeriksaan BPK serta APH yang berkaitan dengan sub unsur dalam SPIP,” ujar Wabup Yoyok.
Masih kata Wabup Yoyok, fokus penilaian pada kegiatan Maturitas SPIP tersebut merujuk pada Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2008 tentang SPIP.
Selain itu, sebut orang kedua di lingkungan Pemkab Situbondo itu, terdapat lima unsur penilaian dalam maturitas SPIP yakni penilaian terhadap lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi dan terakhir unsur pemantauan. Alhamdulilah Kabupaten Situbondo berhasil masuk dalam penghargaan maturitas SPIP level ke-3,” ungkap Wabup Yoyok Mulyadi.
Mantan Kadis PUPR Kabupaten Situbondo itu menandaskan, kini Pemkab Situbondo telah memberikan jaminan bahwa kegiatan instansi menjadi efektif, efisien dan ekonomis.
Tak hanya itu, sambung Wabup Yoyok, Pemkab Situbondo juga telah mendeteksi terjadinya kesalahan atau miss management dan fraud dalam pelaksanaan aktivitas organisasi.
“Pemkab Situbondo juga membantu pengamanan asset terkait terjadinya fraud, pemborosan dan salah penggunaan yang tidak sesuai dengan tujuan. Terakhir Pemkab juga memberikan keyakinan atas laporan keuangan serta memberi keyakinan ketaatan pegawai terhadap peraturan perundangan,” beber Wabup Yoyok.
Dengan pencapaian penghargaan ini Wabup Yoyok mengaku patut mengucapkan terima kasih kepada seluruh Kepala OPD dan staf Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Situbondo.
Pasalnya, aku Wabup Yoyok, berkat adanya lerjasama yang erat serta kinerja yang bagus Pemkab Situbondo meraih penghargaan SPIP Level ke-3. Dimata Wabup Yoyok, sistem pengendalian internal di Pemkab Situbondo kini semakin bagus.
“Kami berharap kedepan ada peningkatan kinerja sehingga menjadi lebih baik lagi. Harapannya penghargaan Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) bisa naik ke level 4. Itu harapan dari Gubernur Jawa Timur,” urai Wabup Yoyok.
Tak cukup itu, mewakili Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, Wabup Yoyok juga juga patut mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat Bumi Salawat Nariyah Situbondo. Berkat adanya dukungan dari masyarakat itulah, lanjutnya, program-program Pemkab Situbondo tercapai dengan tepat sasaran.
“Penghargaan ini merupakan kebanggaan bersama antara Pemkab Situbondo bersama semua elemen masyarakat,” pungkas Wabup Yoyok. [awi.adv]

Tags: