Pemkab Situbondo Semarakkan DKP Funbike

25-awi-DKP FunbikeSitubondo, Bhirawa
Guna ikut menyemarakkan peringatan Hari Nusantara ke XV dan HUT Korpri ke-43, jajaan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Situbondo, menggelar kegiatan funbike (sepeda santai) kemarin.
Acara yang dilepas langsung Bupati Situbondo, H Dadang Wigiarto SH itu diikuti ratusan peserta dari pimpinan SKPD dan Kabag Setkab Situbondo serta para mitra kerja. Acara pelepasn funbike juga diikut Sekda Syaifullah, Kepala DKP Eko Prayudi, Sekretaris DKP Samsul Hadi, sekitar  pukul 06.00 di Jalan RA Kartini, depan alun-alun Kota Situbondo.
Menurut Eko Prayudi, pihaknya sengaja menggelar kegiatan olahraga funbike karena selain bertujuan menyehatkan tubuh juga untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dikalangan pejabat dan karyawan Pemkab Situbondo dengan kalangan masyarakat Kota Santri.
“Untuk rutenya, melewati Jalan RA Kartini, Jalan Ahmad Yani, Jalan PB Sudirman, Jalan Cempaka hingga ke jalan Desa Sumberkolah. Selanjutnya memutar ke Jalan Jembatan Kom menuju jalan Desa Peleyan,” terang mantan Kepala KLH Kabupaten Situbondo itu kemarin.
Kata Eko, sesampainya di Desa Pelayan, peserta funbike yang langsung dikomandani Bupati Dadang Wigiarto itu langsung menuju lokasi penanaman bibit pohon mangrove di lahan kompleks pondok pesantren yang diasuh KH Kholil Asad Syamsul Arifin.
“Penanaman bibit pohon mangrove ini sangat sesuai dengan lokasi tekstur tanah karena berdekatan dengan pantai utara Situbondo. Selain itu, program penanaman pohon ini untuk mencegah terjadinya abrasi di bibir pantai Desa Peleyan Situbondo,” tegas mantan Kabid Pengairan DBMP Kabupaten Situbondo itu.
Sementara itu, Sekretaris DKP Kab Situbondo, H Samsul Hadi menandaskan, usai pencanangan penanaman pohon mangrove, peserta funbike kembali ke tempat finish di pendopo Kabupaten Situbondo. “Ratusan peserta funbike berhak memperebutkan dua buah hadiah utama berupa motor, sepeda gunung, sejumlah barang elektronik dan beberapa doorprise. “Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada peserta yang didominasi pejabat SKPD dan Kabag Setkab, atas susksesnya kegiatan funbike ini,” papar mantan Kepala KPPT Kabupaten Situbondo itu.
Disisi lain, Bupati Situbondo Dadang Wigiarto dalam sambutannya menuturkan, kegiatan olahraga bersepeda ini merupakan momen yang baik karena dapat membaurkan diri dengan masyarakat, saat memperingati hari Nusantaradan dan HUT Korpri. Peringatan HUT Nusantara kali ini sangat istimewa karena biasanya berhubungan dengan air dan laut, tetapi kali ini berhubungan dengan darat dengan bersepeda. “Mari kita menggalakkan pembangunan dibidang kemaritiman. Sebab pembangunan dibidang ini, selain sesuai dengan program pemerintah pusat juga bersesuaian dengan konsep daerah Kabupaten Situbondo, yang banyak memiliki wilayah laut,” pungkas orang nomor satu di Situbondo itu. [awi]

Keterangan Foto : Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto, mengangkat bendera pemberangkatan kegiatan funbike. [sawawi/bhirawa].

Tags: