Pemkab Situbondo Tutup Tiga Alun-alun pada Puncak Pergantian Tahun Baru

Jajaran tim gabungan Pemkab Situbondo bersama Polres saat menjaga alun alun Kota pada malam hari. Ini dilakukan untuk menghindari kerumanan massa. [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Pemerintah Kabupaten Situbondo memastikan akan menutup kawasan Alun-Alun Kota pada saat malam pergantian tahun 2021, Kamis (1/1). Ini dilakukan guna untuk menghindari adanya kerumunan masyarakat Kota Santri.

Pada tahun tahun sebelumnya kawasan Alun Alun Kota selalu menjadi tempat favorit berkumpulnya masyarakat untuk merayakan pergantian tahun baru.

Menurut Sekda Situbondo Syaifullah, pihaknya akan menutup Alun-Alun Kota Situbondo, pada malam pergantian tahun baru hingga esok hari. Selain akan menutup Alun-Alun Kota Situbondo, Pemkab juga akan menutup Alun-Alun second city yang ada di Kecamatan Asembagus dan Kecamatan Besuki.

“Ada tiga Alun-Alun yang akan kami tutup pada saat malam tahun baru. Alun Alun Kota, Alun Alun Kecamatan Asembagus dan Alun Alun Kecamatan Besuki, ” tegas Syaifullah.

Syaifullah menerangkan, penutupan kawasan tiga Alun-Alun di Kota Santru murni bertujuan untuk meminimalisir penularan COVID-19 yang belakangan angkanya terus bertambah. Sebab, ujar dia, Alun-Alun biasanya dijadikan pusat perayaan pergantian malam tahun baru sehingga rawan berkerumunnya massa.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk penutupan Alun-Alun pada puncak pergantian tahun baru 2021, besok lusa,” imbuh mantan Kepala Bappeda Kabupaten Situbondo itu.

Disisi lain, Kapolres Situbondo, AKBP Achmad Imam Rifai mengaku, jajarannya siap memperketat penjagaan tiga Alun-Alun dan akan menindak tegas bagi warga yang memaksa masuk kawasan Alun-Alun.

“Ya nanti pada puncak malam pergantian tahun baru, kami akan tegas menutup tiga Alun-Alun. Ini agar tidak menjadi titik penularan COVID-19,” ujar Kapolres Imam Rifai kemarin.

Selain memperketat penjagaan di tiga titik kawasan Alun-Alun, lanjut Kapolres Imam, polisi juga akan menjaga ketat sejumlah tempat wisata yang menjadi pusat keramaian pengunjung.

“Nanti pada malam tahun baru, di beberapa tempat termasuk di tempat wisata dan Alun-Alun akan kami intensifkan pengamanan. Kami juga akan menghimbau masyarakat untuk tetap patuh terhadap protokol kesehatan. Misalnya dengan tetap memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan,” pungkas Kapolres Imam Rifai. [awi]

Tags: