Pemkab Trenggalek Bantu KIS 478 Warga Terdampak Bendungan Bagong

Trenggalek, Bhirawa
Bupati Trenggalek distribusikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada warga terdampak pembangunan Bendungan Bagong di Kecamatan Bendungan Trenggalek.
Camat Bendungan, Nur Koliq menyebutkan ada sekitar 400 warga yang mendapatkan bantuan KIS ini di dua desa di kecamatannya (Sumurup dan Sengon). “Bantuan ini diserahkan scara simbolis kepada 10 orang perwakilan warga,” ujarnya.
Diterimakan kepada perwakilan karena menghindari kerumunan warga di tengah pandemi Corona.
Ratna Sulistyowati, Kepala Dinas Sosial P3A Kabupaten Trenggalek menambahkan, “kalau pengajuannya dulu sebanyak 790 lebih. Namun setelah dipilah pilah, ada yang sudah punya KIS PBI (Penerima Bantuan Iuran) maupun dari pemberi kerja, sehingga totalnya tinggal 478 orang yang mulai kita distribusikan pada hari ini,” ujarnya.
Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin saat pendistribusian KIS ini menuturkan, hari ini saya hadir untuk memenuhi salah satu point yang kita sepakati untuk pembangunan Bendungan Bagong ini.
“Meskipun kita bagikan namun saya harap kartu ini yidak digunakan nantinya,” imbuh pria yang akrab disapa Gus Ipin ini.
BPJS ini kita berikan sebagi bentuk pwrhatian pemerintah atas warga yang terdampak akibat pembangunan Bendungan Bagong yang ada di Sumurup dan juga Sengon.
Jadi sekali lagi kita ingin program strategis Pak Jokowi ini bisa berjalan dengan lancar dan nilai penting dari bendungan ini untuk sumber air baku dan juga menanggulangi banjir maka ada beberapa diakusi antara kami pemerintah dengan warga terdampak.
Salah satunya warga siap mendukung, pemerintah diharapkan bisa memperhatikan beberapa aspek salah satunya ketika nanti saqah sawah mereka harus mulai terbangun bendungan, maka ada pendapatan yang hilang, ketika ada sanak saudara yang sakit maka mereka akan kebingungan. Maka salah satu yang mereka minta adalah adanya BPJS ini
Jadi sekarang kita cairkan dan semua yang belum terdaftar di BPJS sudah keluar sekarang ini, hanya bagi yang mendaftar mandiri dan masih punya tunggaan dan lain sebagainya nanyi kita pilah pilah lagi dan segera ambil tindakan, tandasnya.
Distribusi KIS ini mendapatkan tanggapanpositif dari masyarakat, salah satunya, Suryono warga Desa Sumurup yang mendapatkan Kartu ini.
“Alhamdulillah pemerintah sudah bersedia membantu memberikan BPJS ini, tentunya ini sangat membantu kami,” ucapnya.
Terakhir bupati Trenggalek menghimbau kepada masyarakat penerima untukenunjukkan kartu ini bila betobat. “Sekarang sudah punya kartu, kalau berubat ditunjukkan biar tidak bayar,” pungkasnya. (Wek)

Tags: