Pemkab Tuban Komitmen Sejahterakan Guru

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., di hadapan ratusan guru saat memberikan sambutan dalam kegiatan Sambung Rasa dan Sarasehan Pendidikan dalam rangka memperingati HUT ke-78 PGRI dan Hari Guru Nasional, di Graha Dwija PGRI Tuban (28/11/2023).

Tuban, Bhirawa
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban akan terus berupaya meningkatkan kesejahteraan guru, terutama guru honorer di Kabupaten Tuban, begitu juga dengan pengadaan PPPK formasi guru, akan terus melakukan pembaharuan data berkaitan dengan persebaran dan kebutuhan guru, karena berdasarkan pendataan, masih terdapat formasi guru yang belum dapat terserap PPPK.

Hal ini disampaikan Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., di hadapan ratusan guru dalam kegiatan Sambung Rasa dan Sarasehan Pendidikan dalam rangka memperingati HUT ke-78 PGRI dan Hari Guru Nasional, di Graha Dwija PGRI Tuban (28/11/2023) yang juga juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Tuban, H.M. Miyadi, S.Ag., Sekda Tuban, Dr. Ir. Budi Wiyana, M.Si., dan pimpinan OPD terkait.

“Karenanya Pemkab Tuban terus membuka kesempatan bagi guru untuk meningkatkan kesejahteraannya,” kata Bupati dalam sambutannya, (28/11).

Sejalan dengan tujuan tersebut, Bupati juga berharap guru mampu untuk tertib administrasi agar mempercepat proses pendataan dan penyediaan alokasi formasi guru pada pengadaan PPPK. Bupati juga menyatakan Pemkab Tuban terus berupaya meningkatkan kesejahteraan guru, terutama guru honorer di Kabupaten Tuban.

Disampaikan pula, pada tahun 2024 Pemkab Tuban telah mengalokasikan anggaran untuk kenaikan gaji guru honorer. Harapannya, mampu meningkatkan semangat guru dalam memberikan bekal pendidikan bagi siswa.

Pada kesempatan itu, bupati juga menyinggung penerapan Sekolah dan Guru Penggerak di Kabupaten Tuban. Konsep Sekolah dan Guru Penggerak akan memberikan keluwesan bagi sekolah untuk mengembangkan potensi yang ada. Kurikulum pendidikan tidak lagi hanya bersifat textbook. Pembelajaran dapat diarahkan bersifat implementasi.

Oleh karena itu, Pemkab Tuban dari dulu terus meningkatkan infrastruktur pendidikan dan sarana pendukung lainnya. Di samping itu, diharapkan guru terus meningkatkan kompetensinya. Langkah tersebut dapat ditempuh melalui pendidikan formal maupun informal. Peningkatan kualitas guru akan berimplikasi pada mutu pendidikan bagi anak di Kabupaten Tuban.

Sementara itu, Ketua PGRI Kabupaten Tuban, Witono, S.Pd, M.Pd mengatakan PGRI Kabupaten Tuban memberikan apresiasi atas upaya Pemkab Tuban dalam menyelesaikan sejumlah permasalahan berkaitan dengan profesi guru.

Penyelenggaraan PPPK di Kabupaten Tuban yang telah mampu menerapkan banyak guru honorer di Kabupaten Tuban. Kurang lebih 2.600 guru honorer telah terserap menjadi PPPK.

“Capaian ini sudah sangat baik dibandingkan dengan Kabupaten lain,” ungkapnya.

Witono juga menambahkan, PGRI Kabupaten Tuban siap mendukung pemerintah menjalankan program pembangunan di Kabupaten Tuban. Guru berperan aktif upaya pembangunan SDM di Kabupaten Tuban. Upaya yang ditempuh guru diharapkan mampu mendongkrak ikhtiar pemkab Tuban berkaitan dengan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). [hud.why]

Tags: