Pemkab Tulungagung Peroleh Bantuan Ambulans untuk Tangani Covid-19

Setelah menerima satu unit mobil ambulans, Bupati Maryoto Birowo langsung memberikan sembako yang juga bantuan BNI pada sebagian warga dengan penerapan prokes, Selasa (15/12).

Tulungagung, Bhirawa
Di tengah semakin melonjaknya pasien Covid-19, Kanwil BNI Malang memberi bantuan satu unit mobil ambulans pada Pemkab Tulungagung, Selasa (15/12). Bantuan ambulans ini diterima langsung oleh Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso.

“Bantuan mobil ambulans ini sangat membantu dalam era pandemi Covid-19. Nanti mobil ambulans ini akan digunakan di RSUD dr Iskak,” ujar Bupati Maryoto Birowo usai penyerahan oleh Pimpinan BNI Kanwil Malang Beby Lolita Indriani.

Selanjutnya Bupati Maryoto Birowo menyatakan selain memberi bantuan satu unit mobil ambulans, BNI Kanwil Malang juga menyumbang 100 paket sembako untuk warga Tulungagung. “Jadi semakin klop bantuannya. Untuk krisis kesehatan dibantu ambulans dan untuk krisis ekonomi dibantu sembako,” paparnya.

Sedang Beby Lolita Indriani mengungkapkan bantuan satu unit mobil ambulan ke Pemkab Tulungagung merupakan satu dari 17 bantuan mobil ambulans yang diberikan oleh BNI pada pemerintah daerah di seluruh Indonesia. Kabupaten Tulungagung terpilih karena mempunyai rumah sakit daerah rujukan penanganan Covid-19.

“Yang jelas saat ini RSUD dr Iskak Tulungagung membutuhkan mobil ambulans. Apalagi sebagai salah satu rumah sakit rujukan penanganan Covid-19. Dan itu menjadi salah satu pertimbangan kami memberikan bantuan mobil ambulans ke Tulungagung,” tuturnya.

Diakui Bebi Lolita, di masa pandemi Covid-19 semua elemen masyarakat termasuk di kantor-kantor BNI diberlakukan penerapan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Penerapan prokes tersebut selain untuk kenyamanan pegawai juga bagi nasabah.

“Kami terus menerapkan prokes secara ketat. Petugas aula perbankan selalu melakukan pengukuran suhu tubuh nasabah dan pegawai juga memakai masker serta face shild,” terangnya.

Sementara itu, Direktur RSUD dr Iskak, dr Supriyanto, mengatakan dengan bantuan satu unit mobil ambulans dari BNI akan melengkapi kebutuhan ambulans di rumah sakit milik Pemkab Tulungagung itu. Saat ini RSUD dr Iskak Tulungagung baru mempunya tiga ambulans advance. “Dengan bantuan ini ketambahan menjadi empat ambulans advance,” katanya.

Ia menyebut bantuan ambulans dari BNI cukup signifikan dalam pelayanan kesehatan di RSUD dr Iskak. Terlebih dalam masa pandemi Covid-19. (wed)

Tags: