Pemkab Tulungagung Proses Pengusulan NIP Tenaga Honorer K2

SAMSUNG DIGIMAX A503Tulungagung, Bhirawa
Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkab Tulungagung bakal segera memproses pemberkasan usulan untuk mendapatkan NIP (Nomer Induk Kepegawaian) bagi tenaga honorer K2 (kelompok 2) yang telah lulus tes beberapa waktu lalu. Rencananya, pemberkasan dimulai pekan depan.
“BKD sudah merencanakan Senin (12/5) minggu depan untuk mulai melakukan pemberkasan untuk pengajuan NIP bagi tenaga honorer K2,” ujar Kepala BKD Pemkab Tulungagung, Indah Karunia Ratri SH MH pada Bhirawa, Selasa (6/5).
Namun demikian, lanjut dia, saat ini para tenaga honorer K2 tersebut sudah pula mencicil pengumpulan data terkait pengajuan NIP. “Kami BKD hanya menghimpun saja data-data yang diperlukan. Sedang pengerjaannya tetap di SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) yang bersangutan,” paparnya.
Indah Karunia Ratri yang mantan pejabat Kepala Bagian Hukum Pemkab Tulungagung ini berharap tidak ada data fiktif yang nanti diajukan tenaga honorter K2 ke Badan Kepegawaian Negara (BKN). Apalagi saat ini ada syarat dari BKN, kepala daerah ikut bertanggungjawab dan menjamin data yang masuk ke BKN tidak fiktif.
“Kami di Tulungagung juga berhati-hati. Sebelum Bupati melakukan tandatangan yang menyatakan semua berkas tidak ada yang fiktif, kami dari BKD akan melakukan hal yang sama dulu. Ini merupakan bentuk dari tanggungjawab SKPD yang merekrut,” tuturnya.
Menurut dia, setiap SKPD yang meloloskan tenaga honorer K2 tentu mengerti betul terkait data-data yang akan diajukan. Mereka yang tahu lapangan dan tahu kelemahan-kelemahannya.
“Mudah-mudahan semua honorer K2 di Tulungagung yang mengajukan usulan NIP dapat lolos semua. Apalagi jumlahnya relatif sedikit. Hanya 33 orang saja,” paparnya.
Seperti diketahui, pelaksanaan tes CPNS dari tenaga honorer K2 di Tulungagung pada tahun 2013 lalu diikuti  98 peserta. Dari jumlah tersebut yang dinyatakan lulus tes hanya 33 peserta saja.
BKD Pemkab Tulungagung menargetkan sampai akhir Mei tahun ini pemberkasan pengusulan NIP bagi tenaga honorer K2 sudah kelar. Artinya berkas tersebut sudah berada di BKN.
“Kami ingin segera menyelesaikan pemberkasan bagi tenaga honorer K2 ini. Terlebih tidak hanya Tulungagung saja yang mengajukan. Kan seluruh Indonesia yang mengajukan. Akhir Mei merupakan target kami untuk menyelesaikannya sampai BKN,” tuturnya lagi. [wed]

Keterangan Foto: Indah Karunia Ratri

Tags: