Pemkab Tuntaskan Pembangunan Tribun

Kabupaten Blitar, Bhirawa
Tahun ini Pemerintah Kabupaten Blitar kembali melanjutkan pembangunan Stadion di Kecamatan Nglegok dengan nilai anggaran mencapai Rp 12 miliar lebih. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Blitar, Sumantri. Dengan adanya anggaran tersebut diharapkan proyek Stadion Nglegok akan dilanjutkan dengan pembangunan sebagian ruang ganti pemain dan lintasan atletik. “Kami berharap beberapa pekerjaan yang terunda akan bisa segera terselesaikan,” kata Sumantri.
Selain itu menurutnya tahun ini pembangunan tribun yang diproyeksikan berkapasitas 40 ribu penonton akan diselesaikan, bahkan tidak hanya tribun saja untuk pembangunan lapangan pun rencananya akan dituntaskan tahun ini juga. “Agar stadion Nglegok bisa segera difungsikan sesuai dengan perencanaan sebelumnya,” ujarnya.
Lanjut Sumantri Pemkab Blitar juga telah 3 kali menggelontorkan dana APBD untuk realisasi Stadion Nglegok, dimana awalnya Pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp3 miliar, berikutnya Rp2,8 miliar dan tahun ini sebesar Rp12 miliar.
Dikatakan Sumantri, anggaran tersebut sepenuhnya dicover APBD Kabupaten Blitar mengingat janji pusat melalui Kementrian Pemuda dan Olahraga yang akan memberikan suntikan dana untuk pembangunan Stadion Nglegok yang hingga kini tidak terealisasi, dimana pembangunan Stadion NglegokĀ  nantinya akan menjadi homebase PSBI itu ditafsir menelan anggaran mencapai 56 miliar.
“Jumlah anggaran perencanaan pembangunan Stadion Nglegok ini cukup besar, dimana rencana awal berasal dari Pusat. Namun ternyata untuk melnjutkan dialokasikan dari APBD sehingga dilakukan secara bertahap,” jelasnya lagi.
Di sisi lain dikatakan Sumantri pembangunan Stadion Nglegok sendiri bersifat partial, dengan kata lain bergantung pada anggaran Pemerintah, sehingga jika dianggarkan dalam APBD maka pembangunan dilanjutkan sebaliknya jika tidak pembangunan dihentikan sementara. “Untuk itu saat ini akan kita maksimalkan sesuai dengan perencanan dan kemampuan anggaran pada pembangunan Stadion Nglegok ini,” pungkasnya. [htn]

Rate this article!
Tags: