Pemkot Batu Angkat Produk Herbal Lewat Festival Jamu Nusantara

Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko M.Si bersama beberapa undangan minum jamu bersama sebagai tanda dibukanya Festival Jamu Nusantara di Balaikota Batu.

Kota Batu, Bhirawa
Pemerintah Kota (Pemkot) Batu berkomitmen untuk mempertahankan warisan leluhur berupa kekayaan herbal berupa jamu. Karena itu mereka menginisiasi berbagai kegiatan untuk mengangkat minat minum jamu sebagai gaya hidup milenial. Bertempat di halaman Balaikota Among Tani Batu, Pemkot menggelar Festival Jamu Nusantara yang dibuka langsung Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko.
Dalam kesempatan itu, Wali Kota mengajak anak-anak milenial untuk terus belajar mengenai jamu, dan khasiat dari tanaman-tanaman herbal yang banyak tumbuh di Negeri ini. Dan generasi milenial memiliki tugas menjaga warisan leluhur ini.
“Sewaktu saya remaja, saya selalu dibuatkan jamu oleh ibu saya ketika waktu mulai haid. Ternyata, setelah saya baca jamu tersebut memiliki khasiat membersihkan kotoran haid,” ujar Dewanti saat membuka Festival Jamu Nusantara.
Ditambahkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, drg Kartika Trisulandari bahwa kegiatan Festival Jamu Nusantara yang diselenggarakan di Balai Kota Among Tani ini dilaksanakan selama dua hari. Giat ini meliputi lomba vlog remaja, lomba ramuan jamu yang diikuti 30 peserta, pameran produk jamu yang diikuti 50 industri jamu se-Indonesia, dan seminar jamu. “Tujuan bagian edukasi dan promosi, agar lebih diminati dikenal masyarakat, wahana promosi industri jamu kualitas dan bahan jamu tradisional,” ujar Kartika.[nas]

Tags: