Pemkot Batu Hanya Proses Perijinan Hotel Bintang 4 dan 5

Bambang Kincoro

Kota Batu,Bhirawa.
Pemerintah Kota Batu kini melonggarkan larangan pembangunan hotel dalam moratorium yang berlaku sejak 2018 lalu. Kelonggaran kali ini diberikan dengan pemberian kesempatan kepada para investor untuk membangun hotel khusus untuk bintang 4 dan 5. Karena itu Pemkot tidak akan memproses pengajuan ijin pembangunan hotel bintang 1, 2, maupun 3.
“Yang kami proses itu hanya untuk pengajuan ijin pembangunan hotel bintang empat dan lima saja. Kalau untuk hotel bintang tiga ke bawah tidak akan kita proses,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Batu, Bambang Kuncoro saat dikonfirmasi, Minggu (26/1).
Diketahui, perkembangan sektor pariwisata di Kota Batu setiap tahun mengalami peningkatan. Hal ini memotivasi banyak investor untuk mengembangkan bisnisnya di Kota Batu. Dan untuk mengantisipasi dan menjaga agar pelaku usaha hotel dan penginapan lokal tak tergerus, izin yang diproses hanya untuk penginapan atau hotel high-end berbintang 4 dan 5. 
Adapun jika ada investor yang akan berniat membangun hotel di Kota Batu untuk kelas bintang tiga ke bawah, sebaiknya mengurungkan niatnya tersebut. Sebab dipastikan Pemkot tidak akan memproses perijinannya.
Sebagai tempat wisata, jumlah hotel berbintang di Kota Batu dapat dihitung jari. Karena itu, untuk memberikan rasa nyaman kepada wisatawan memang diperlukan hadirnya hotel bintang empat dan lima di Kota Batu.
“Kami hanya memprioritaskan pembangunan hotel yang bintang lima. Jika ada bangunan yang tidak memiliki izin tapi sudah membangun tentunya kami akan menindaknya,” tegas Bambang.
Ia menambahkan agar para investor itu tidak melanggar peraturan yang ada, semisal tidak membangun sebelum turunnya izin akan dibuat Peraturan Daerah (Perda). Perda ini terkait dengan bangunan gedung yang nantinya akan disesuaikan dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) juga Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) yang ada. Diketahui, hingga saat ini ada 72 bangunan hotel di Kota Batu. Kemudian, ada 300 penginapan mulai dari villa, guest house, homestay, dan sebagainya.(nas)

Tags: