Pemkot Batu Komitmen Buru Oknum Pembuang Sampah di Area Publik

Pj Wali Kota Batu, Aries AP saat memantau langsung pengelolaan sampah di TPA Tlekung selama masa libur Lebaran 2024.

Kota Batu,Bhirawa.
Beberapa jalan alternatif yang merupakan pecahan dari jalur utama Jl Sultan Agung Kota Batu banyak dijadikan tempat pembuangan sampah oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Karena itu Pemkot Batu berkomitmen memburu oknum tersebut untuk kemudian diber sangsi hukum. Hal ini ditegaskan Pj Wali Kota Batu, Areis  Agung Paewai saat melakukan pentauan dan pemeriksaan ke sejumlah titik jalur wisata yang ada di kota ini.
 
“Kami tidak akan berhenti mencari oknum yang membuang sampah di area publik
Siapapun harus patuh terhadap hukum,” tegas Aries AP saat dikonfirmasi, Senin (15/4).

Ia menjelaskan bahwa dalam masa liburan Lebaran kali ini, beberapa kawasan jalan alternatif di sepanjang Jl Sultan Agung banyak dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah. Hal ini dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab di pinggir jalan. Dan tentu saja ini akan mengganggu pengguna jalan yang lain apalagi Batu sebagai Kota Wisata banyak mendapat kunjungan wisatawan selama masa Libur Lebaran.
 
“Kami minta kesadarannya kepada oknum dan semua pihak agar tidak membuang sampah di sembarang tempat. Dan untuk pengawasan kita akan menambah CCTV,” jelas Aries AP.

Dan untuk memaksimalkan keasrian Kota WIsata Batu (KWB), Pj Walikota juga mengimbau kepada para pedagang untuk ikut pilah sampah. Karena selama masa liburan ini banyak bermunculan para pedagang untuk ikut meramaikan dan menyambut wisatawan.

“Kami berharap pedagang juga bisa membantu kami memilah sampah dari tokonya, untuk memudahkan petugas dalam mengolah sampah di TPS Pasar Induk Among Tani,” ajak Aries AP. Diharapkan di area pasar hingga Jl Sultan Agung keberadaan sampah tidak akan sampai menumpuk.
 
Untuk itu Aries juga memastikan bahwa Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Stadion Brantas tetap beroperasi. Hal ini untuk menangani meningkatnya volume sampah sehingga harus dibarengi dengan pengelolaan yang lebih cepat agar sampah tidak menumpuk di TPS. Untuk itu petugas tidak pernah libur untuk mengambil sampah kawasan perkotaan.
 
Diketahui, selama masa Libur Lebaran para petugas kebersihan harus bekerja ekstra. Dan pada hari kedua Lebaran, Aries AP juga menyempatkan diri untuk mendampingi petugas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung yang harus bekerja lembur selama masa liburan ini.

“Alhamdulillah, setiap hari petugas di TPA Tlekung tidak pernah libur dan mampu menuntaskan (penghancuran) sampah residu yang dikirim dari TPS 3R. Dan ayo berwisata sehat dengan tidak membuang sampah sembarangan,” ungkap Areis. Kondisi inipun membuat penanganan sampah di masa libur Lebaran kali ini bisa teratasi dengan baik.(nas.hel)

Tags: