Pemkot Batu Masuk 11 Kab/Kota Penerima LAKIP

sup-kota batu terima penghargaan LAKIPKota Batu, Bhirawa
Berbagai upaya pembenahan dalam sistem penganggaran yang dilakukan Pemkot Batu akhirnya penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB).
Penghargaan tersebut untuk penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP).
Penyerahan penghargaan disampaikan oleh Men PAN danRB, Yuddy Chrisnandi di Jakarta diterimakan kepada Wakil Walikota Batu Punjul Santoso, Senin kemarin (8/12).
Penghargaan tersebut diberikan kepada Pemkot Batu karena berdasarkan laporan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah mendapatkan nilai B. “Hanya ada 11 kab/kota yang memperoleh nilai B. Kita masuk didalamnya,” kata Punjul saat dihubungi via ponselnya.
Kesebelas penerima penghargaan LAKIP, yaitu Kabupaten Muara Enim (Sulsel), Kota Sukabumi (Jabar), Kabupaten Bantul (DIY), Kabupaten Kulon Progo (DIY), Kota Yogyakarta (DIY), Kabupaten Sleman (DIY), Kota Manado (Sulut), dan Kabupaten Badung (Bali).
Punjul juga mengatakan bahwa Pemkot Batu akan terus membenahi sistem penganggaran, mewajibkan kepala SKPD untuk membuat perjanjian kinerja dan pelaporan kinerja instansinya. “Sekarang sudah ada Peraturan Menteri PANRB no. 53/2014 yang mewajibkan kepada seluruh instansi untuk menyusun perjanjian kinerja dan pelaporan kinerja. Kebijakan ini merupakan sandaran bagi semua instansi untuk menegakkan komitmen memberikan pelayanan secara optimal serta melaporkan kinerja pelaksanaannya pada akhir tahun.
Dalam siaran persnya di web Kemenpan dijelaskan bahwa evaluasi akuntabilitas kinerja kabupaten kota tahun 2014 dilaksanakan terhadap 462 kabupaten kota dari tahun lalu 424. Evaluasi pada tahun 2014 ini dilakukan bersama oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Inspektorat Provinsi selain oleh Kementerian PANRB.
Nilai rata-rata akuntabilitas kinerja juga mengalami peningkatan, dari tahun lalu 43,82 menjadi  44,90. [sup]

Keterangan Foto; Wawali Punjul Santoso menerima penghargaan LAKIP dari MenpanRB Yuddy Chrisnandi di Jakarta.

Tags: