Pemkot Batu Targetkan 80 Persen Warga dapat Vaksin Covid-19

Secara kuantitas, Dinkes Kota Batu tidak kekurangan SDM untuk diterjunkan dalam pelaksanaan vaksinasi yang diagendakan pada Maret 2021.

Kota Batu, Bhirawa
Pemerintah Kota Batu menargetkan vaksinasi Covid-19 sudah bisa dilaksanakan pada Maret 2021 nanti. Dan saat ini Dinas Keseatan (Dinkes) kota ini mulai melakukan pendataan terhadap kelompok penerima vaksin. Dalam pendataan ini pemkot memprioritaskan lima kelompok penerima dan menargetkan 80 persen warga kota ini bisa dapat vaksin.

Diketahui prioritas kelompok penerima vaksin terdiri dari TNI/Polri, tokoh masyarakat, tenaga pendidik, masyarakat umum, dan ASN. Kelompok ini diklaim sebagai kelompok beresiko terkena Covid-19. Dan untuk mempercepat sekaligus mengoptimalkan pendataan dan vaksinasi, Dinkes Kota Batu berkolaborasi dengan Dipendukcapil setempat.

“Kita menargetkan 80 persen penduduk Kota Batu bisa menerima vaksin Covid-19. Adapun rentang usia yang dipilih mulai 15 hingga 59 tahun,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, drg Kartika Trisulandari saat dikonfirmasi, Minggu (25/10). Namun demikian kadinkes belum tahu pasti berapa jatah vaksin yang didapat Kota Batu dari Pemerintah Pusat.

Adapun untuk pelaksanaan vaksinasi ini Dinkes telah mengajukan anggaran Rp 2,9 miliar dalam RAPBD 2021. Anggaran itu dialokasikan untuk pengadaan jarum suntik, alat pelindung diri dan berbagai perlengkapan penunjang lainnya. “Dalam vaksinasi nanti satu orang akan menerima dua kali suntik vaksin. Interval waktunya 14 hari setelah penyuntikan pertama,” jelas Kartika.[nas]

Tags: