Pemkot Blitar Target PAD Parkir 2022 Rp. 1,3 Miliar

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Blitar, Juari

Kota Blitar, Bhirawa
Pemerintah Kota Blitar menargetkan pendapatan retribusi parkir di Kota Blitar pada tahun 2022 ini sebesar Rp. 1,3 miliar.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Blitar, Juari mengatakan target pendapatan retribusi parkir di Kota Blitar pada tahun 2022 ini mengalami kenaikan sebesar 10,86 persen dari target tahun 2021 lalu, sehingga pada tahun ini target pendapatan retribusi parkir di tepi jalan mencapai sebesar Rp 1,3 miliar.

“Sedangkan target pendapatan retribusi parkir pada tahun 2021 sebesar Rp. 1,17 miliar, di mana ada kenaikan 10,86 persen atau sekitar Rp. 127 juta,” kata Juari, Selasa (25/1).

Lanjut Juari, untuk tarif retribusi parkir di tepi jalan masih tetap, yaitu sebesar Rp 2.000,- untuk sepeda motor dan Rp. 3.000,- untuk mobil, sehingga tidak ada kenaikan.

“Hanya target perolehannya yang dinaikan, dan kami optimistis bisa mencapai target pendapatan retribusi parkir pada tahun ini,” jelasnya.

Selain itu dikatakan Juari, menurutnya kondisi ekonomi masyarakat tahun ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya karena situasi pandemi Covid-19 di Kota Blitar yang menyurutkan perekonomian masyarakat Kota Blitar.

“Apalagi pada tahun lalu pendapatan retribusi parkir di tepi jalan bisa memenuhi target, dimana dari target sebesar Rp 1,17 miliar mampu terealisasi sebesar Rp 1,2 miliar. Sehingga kami yakin target tersebut terpenuhi,” jelasnya.

Di sisi lain pihaknya juga akan meningkatkan Patroli untuk mengantisipasi juru parkir nakal di lapangan, bahkan pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak memberikan uang parkir kalau jukir tidak menyerahkan karcis parkir.

“Karena ini juga berkaitan dengan jumlah perolehan parkir ditepi jalan, sehinga semua wajib menggunakan karcis parkir,” imbuhnya. [htn.gat]

Tags: