Pemkot Gelar Tasyakuran Pembangunan Rusunawa Bersama Warga

9-Rusunawa BlitarKota Blitar, Bhirawa
Mengawali pembangunan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) tahap II yang berada di Kelurahan Turi Kecamatan Sukorejo Kota Blitar, Wali Kota Blitar, Muh. Samanhudi Anwar, SH bersama warga gelar Tasyakuran di lokasi pembangunan Rusunawa, Kamis (18/12) kemarin.
Diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Blitar, Drs. Hermasnyah Permadi, MSi, mengatakan pelaksanaan pembangunan Rusunawa Tahap I telah selesai dan kini tinggal ditempati bagi masyarakat yang belum memiliki rumah tinggal, dimana latar belakang didirikannya Rusunawa ini adalah karakteristik Kota Blitar yang terus mengarah ke arah perkotaan.
Selain itu salah satu ciri negatif yang harus diantisipasi adalah mulai tumbuh dan adanya permukiman kumuh, termasuk adanya pertumbuhan penduduk yang membutuhkan perumahan, sementara Kota Blitar memiliki lahan yang cukup terbatas.
“Sehingga salah satu alternatifnya adalah perumahan dibangun secara vertical seperti pada pembangunan Rusunawa ini  sebagai upaya untuk mengurangi keberadaan kawasan kumuh dan tidak layak huni di perkotaan,” kata Drs. Hermasnyah Permadi, MSi.
Lanjut Drs. Hermasnyah Permadi, MSi, dengan banyaknya  kebutuhan rumah tinggal di Kota Blitar, Pemerintah Kota Blitar mendapatkan kesempatan kembali untuk membangun Rusunawa Tahap II dari Pemerintah Pusat.
“Dengan harapan kedepan persoalan rumah tinggal di Kota Blitar bisa teratasi dengan adanya Rusunawa ini,” ujarnya.
Walikota Blitar, Muh. Samanhudi Anwar, SH mengatakan pihaknya juga bersyukur setelah Rusunawa tahap pertama selesai dibangun dan telah diresmikan, Kota Blitar kembali dipercaya Pemerintah Pusat untuk menjadi salah satu daerah yang dipercaya Pemerintah Pusat sebagai lokasi pembangunan Rusunawa.
“Saya atas nama Pemerintah Kota Blitar juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kelurahan Turi dan sekitarnya atas kerjasama, pengertian, dan dukungannya selama ini,” kata Muh. Samanhudi Anwar, SH.
Bahkan pihaknya juga memohon dukungan dan doa restu dari masyarakat agar rusunawa tahap II ini juga berjalan dengan lancar, sukses, serta membawa nilai manfaat yang besar kepada masyarakat.
“Kami percaya dipilihnya lokasi pembangunan di Kelurahan Turi ini sudah sangat tepat dan sudah memenuhi berbagai persyaratan. Untuk itu saya titip ke masyarakat Kelurahan Turi dan sekitarnya, baik Rusunawa yang sudah jadi maupun Rusunawa yang akan dibangun ini, untuk ikut dijaga, dirawat, dan dimanfaatkan bersama sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujarnya usai memotong tumpeng sebagai tanda dimulainya pembangunan Rusunawa tahap II yang diserahkan kepada tokoh masyarakat setempat bersama-sama dengan pejabat dan Anggota DPRD Kota Blitar. [adv]

Keterangan Foto : Wali Kota Blitar, Muh. Samanhudi Anwar, SH saat memotong tumpeng pada Tasyakuran Pembangunan Rusunawa Tahap II di Kelurahan Turi Kecamatan Sukorejo Kota Blitar bersama sejumlah tokoh masyarakat dan Anggota DPRD Kota Blitar, Kamis (18/12) kemarin. [hartono/bhirawa]

Tags: