Pemkot-Kemen PAN RB Kordinasikan Realisasi Pembentukan MPP Kota Batu

Wali Kota Batu, Hj Dewanti Rumpoko.

Kota Batu,Bhirawa
Pemerintah Kota Batu berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publiknya kepada masyarakat. Salah satunya dengan membentuk Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kota Batu. Dan untuk merealisasikan MPP ini pemkot melakukan koordinasi dengan Deputi Pelayanan Publik Kementrian PANRB RI di Rupatama Balai Kota Among Tani Batu, Jumat (26/3).

Wali Kota Batu, Hj Dewanti Rumpoko mengatakan, pembentukan MPP merupakan impian dan komitmen Pemkot Batu untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Impian kami memiliki tempat pelayanan terpadu agar bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat,” kata Dewanti, Jumat (26/3).

Ia menjelaskan bahwa MPP merupakan pusat aktivitas pelayanan terpadu baik pusat maupun daerah, serta pelayanan BUMN, BUMD dan swasta dalam rangka menyediakan pelayanan yang cepat, mudah, terjangkau, aman dan nyaman kepada masyarakat.

“Melalui MPP ini akan menjadi langkah pembaruan bagi sistem pelayanan publik yang ada di Kota Batu,”tambah wali kota.

Ditambahkan Sekretaris Bappelitbangda Kota Batu, Sopa Ike Paci bahwa tujuan kehadiran Mal Pelayanan Publik adalah memberi kemudahan, kecepatan, keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. Dan dengan semua pelayanan publik yang tersedia diharapkan bisa meningkatkan iklim dan semangat berusaha di Kota Wisata ini.

“Kami ingin meningkakan kemudahan berusaha di Kota Batu dan mengintegrasikan layanan dalam satu gedung, mulai dari instansi pusat, daerah dan BUMN maupun BUMD,” ujar Sopa.

Saat ini, pembentukan MPP di Kota Batu masih dalam tahap koordinasi pelayanan. Selanjutnya akan dilakukan pembuatan regulasi, penyiapan sarpras, SDM, dan penandatanganan MOU sebelum dilakukannya peresmian.

Sementara, Kepala Deputi Pelayanan Publik Kementrian PANRB, Prof Dr Diah Natalisa MBA mengatakan, keberadaan MBB di Kota Batu akan mampu membantu pemkot untuk memberikan pelayanan terbaik, lebih cepat, murah, dan sederhana.

Dengan keberadaan MPP ini diharapkan bisa mendorong tercapainya tingkat kepuasan masyarakat. Selain itu juga meningatkan efektifitas dan efisiensi dalam penerapan standar pelayanan.

“Dan diharapkan MPP ini bisa meningkatkam peringkat Indonesia dalam kemudahan pelayanan publik,” kata Diah.(nas)

Tags: