Pemkot Malang Siapkan Jadwal Pelaksanaan Vaksinasi Covid 19

Jubir Satgas Covid Kota Malang, Khusnul Muarif

Kota Malang,Bhirawa
Jadwal pelaksanaan vaksinasi Covid 19, akan segera diatur oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Malang.

Jadwal pelaksanaan vaksinasi tersebut dibagi dalam empat tahapan, yaitu tahap pertama, vaksinasi untuk tenaga medis, tahap kedua, vaksinasi untuk petugas pelayanan publik, tahap ketiga vaksinasi untuk masyarakat rentan dan tahap keempat untuk masyarakat lainnya.

Jubir Satgas Covid Kota Malang, Khusnul Muarif, usai rapat pelaksanaan Vaksin, Selasa (5/1) kemarin, mengutarakan pengaturannya Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyerahkan kepada kepala daerah.

Teknis operasional keempat tahapan vaksinasi tersebut lanjut Khusnul akan diatur oleh Pemkot Malang pasca acara penyerahan secara simbolis proses vaksinasi secara serentak pada 13 Januari 2020, nanti.

“Nanti bagaimana teknis operasionalnya itu setelah vaksinasi simbolis selesai,” katanya.

Ia menyampaikan persoalan yang harus diantisipasi oleh Pemerintah Daerah (Pemda) saat vaksinasi yakni pada saat memasuki tahap keempat. Di mana saat vaksinasi nanti, masyarakat tidak berkerumun ketika menunggu giliran vaksin.

“Ini bagaimana pengaturannya, diserahkan sepenuhnya kepada daerah untuk supaya tidak terjadi rush di masyarakat,”sambungnya.

Terkait jumlah empat kategori penerima vaksin tersebut ujar dia, masih belum bisa memastikan karena proses pendataan bersifat dinamis.

“Kalau jumlahnya kami tidak tahu karena tiap daerah kan masih berkembang terus, dinamis (pendataan jumlah penerima). Artinya setiap waktu tetap diperbaharui datanya,” katanya.

Khusnul menambahkan bahwa proses vaksinasi bukanlah akhir dari segalanya. Ia mengatakan setelah dilakukan vaksin, masyarakat harus tetap patuh menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Sehingga vaksin ini hanya sebagai salah satu upaya untuk mencegah dari pada penyebaran Covid-19. Sehingga penekanannya, protokol kesehatan tetap harus dilaksanakan, sekalipun sudah di vaksin,”pungkasnya. [mut]

Tags: