Pemkot Mojokerto Siap Beri Layanan Kesehatan Jiwa Caleg Stress

Pj Wali Kota Mojokerto, Moh. Ali Kuncoro.

Kota Mojokerto, Bhirawa.
Pj Wali Kota Mojokerto, Moh. Ali Kuncoro mengatakan, Pemkot Mojokerto siap memberikan layanan bagi calon anggota legislatif ataupun tim sukses yang stress hingga mengalami gangguan kejiwaan akibat gagal menduduki kursi DPRD Kota Mojokerto dalam Pemilu 2024 besok.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Kadinkes agar kita bisa bersiap mengantisipasi adanya caleg yang stress pasca pemilu,” ujarnya, Selasa (13/2).

Lebih lanjut ditambahkan Mas Ali berdasarkan dari situasi dan kondisi di pemilu-pemilu sebelumnya, ada kecenderungan peningkatan orang stres pasca Pemilu. Terutama jika hasil Pemilu tidak sesuai yang harapan.

Terkait arahan Pj Wali kota, Kepala Dinas Kesehatan dan P2KB dr. Farida Mariana mengungkapkan jika pihaknya siap memberikan layanan, meski tanpa persiapan khusus. “Karena sudah bagian dari layanan rutin kesehatan jiwa, jadi fasilitas dan tenaga kesehatan sudah siap,” ujar dr. Farida.

Skrining awal kesehatan jiwa dapat dilakukan dengan mengunjungi layanan Poli Jiwa yang ada di seluruh puskesmas di Kota Mojokerto atau melalui Prameswari. Berikutnya, jika ditemukan indikasi gangguan kesehatan jiwa, akan dikakukan penjadwalan konsultasi lanjutan dengan psikolog. Frekuensi konsultasi akan disesuaikan dengan kebutuhan pasien.

“Bisa juga melakukan pemeriksaan di RSUD dr. Wahidin  Sudiro Husodo. Selain psikolog juga sudah ada dokter spesialis kesehatan jiwa,” tambah dr. Farida.

Pantauan di lapangan, berdasarkan data penetapan daftar calon tetap (DCT) pada pemilihan legislatif (Pileg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Mojokerto dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mojokerto, total ada 319 caleg yang bakal bertarung merebutkan 25 kursi DPRD Kota Mojokerto.( min )
    Tampak dalam foto Pj. Wali Kota saat memberikan keterangan pers

Tags: