Pemkot Mojokerto Tambah Fasilitas Cuci Tangan dan Pengecekan Suhu Badan

Kepala DPPKA Kota Mojokerto, Etty Novia Sitorus saat memberikan arahan kepada WP agar bercuci tangan sebelum melakukan pembayaran di loket pelayanan. [Kariyadi/bhirawa]

(Strategi BPPKA Tingkatkan Pelayanan di Tengah Corona)
Kota Mojokerto, Bhirawa.
Meski gempuran Corona menyerbu di berbagai daerah termasuk di Kota Mojokerto, namun tidak mengurangi upaya Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Kota Mojokerto untuk meningkatkan kualitas pelayanannya kepada Wajib Pajak (WP).
Berbagai layanan pembayaran pajak daerah tetap dilakukan bahkan dengan fasilitas pelayanan maupun safety yang maksimal untuk para WP. Diantaranya, memenuhi standar safety bagi Wajib Pajak sesuai dengan pentunjuk instansi terkait, dengan fasilitas safety itu DPPKA berharap kualitas layanan terhadap WP aman serta PAD dapat sesuai yang ditargetkan.
“Serbuan virus corona ini memang sangat memberatkan, tapi bukan berarti kita harus menyerah, karena target PAD harus tetap terpenuhi. Kita selalu mengedukasi masyarakat pola hidup sehat dan cara berinteraksi yang aman,” ujar Etty Novia Sitorus, Kepala DPPKA Kota Mojokerto, Kamis (26/3).
Novia menambahkan, di antara fasilitas yang sekarang sudah disiapkan di kantor yang beralmatkan Jalan Letkol Sumarjo diantaranya, tempat cuci tangah, pengecekan suhu badan dan hand sanitizer. “Fasilitas untuk WP ini sesuai petunjuk Wali Kota Mojokerto melalui Dinas Kesehatan. Selain itu petugas kami juga mengatur dan mengurai supaya tidak terjadi tumpukan pagi para Wajib Pajak yang akan membayar,” terangnya.
Selain penambahan fasilitas untuk mencegah penyebaran Corona, DPPKA Kota Mojokerto juga membatasi jam operasional pelayanan untuk menerapkan kebijakan social distancing dan menambah fasilitas pelayanan secara online. “Kami juga menambah fasilitas pelayanan secara online, jadi para WP tidak perlu datang untuk antri ke kantor DPPKA, hal ini meminimalisir kontak dengan WP lainnya,” tegas Novia.
Di berbagai daerah lain di Indonesia kebijakan social distancing serta mengalihkan pelayanan pembayaran pajak secara online juga dilakukan demi kebaikan bersama, agar dapat memutus rantai penyebaran Covid-19 tersebut. Penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, China sangat masiv. Berbagai pelayanan publik melakukan aneka terobosan agar dapat memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.
Dari pantauan Bhirawa di Kantor DPPKA Kota Mojokerto sejak loket layanan dibuka, terlihat beberapa orang mulai bersiap-siap melakukan pembayaran, tampak juga petugas DPPKA secara sigap mengarahkan para WP untuk mencuci tangan di tempat yang disediakan.
Selain mengarahkan untuk cuci tangan, petugas juga mengatur jarak antrian sekitar satu meter. Hal ini bertujuan agar seminimal mungkin mengurangi kontak antar WP yang bisa saja terpapar virus Corona. “Semua yang kita lakukan ini sesuai dengan SOP yang dikeluarkan pemerintah,” tutup Siti Nur Komarijati, salah seorang petugas DPPKA Kota Mojokerto.[kar]

Tags: