Pemkot Pasuruan Gelar Festival Jelak Pacu Bandeng Terbaik

Plt Wali Kota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo bersama istri memperlihatkan bandeng terbaik dari kampung Jelak di Kelurahan Blandongan di Festival Bandeng Jelak di kantor Dinas Perikanan Kota Pasuruan, Selasa (10/3).

Pasuruan, Bhirawa
Pemkot Pasuruan melaksanakan Festival Bandeng Jelak di kantor Dinas Perikanan Kota Pasuruan. Festival digelar untuk memacu bandeng terbaik yang ada di pasaran Kota Pasuruan. Plt Kepala Dinas Perikanan Kota Pasuruan, Edy Yana menyampaikan bandeng jelak merupakan bandeng khas Kota Pasuruan yang berasal dari kampung Jelak di Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugul Kidul.
Ikan tersebut memiliki ciri-ciri yang berbeda dari bandeng-bandeng di luar daerah Kota Pasuruan, seperti bentuknya yang lebih panjang, dagingnya yang gurih serta durinya yang lebih lembek. “Produk bandeng di Kota Pasuruan sudah mendapatkan pasar luar kota seperti di Sidoarjo. Harapan kami ke depan, agar petani bandeng untuk lebih bersemangat memproduksi bandeng terbaik dan bersaing di pasaran,” ujar Edy Yana, Selasa (10/3).
Bermacam-macam olahan bandeng jelak dipamerkan dalam Festival Bandeng Jelak. Ada 18 kelompok lomba bandeng, sedangkan kreteria yang dilombakan seperti insang banden, panjang dan lebar bandeng, serutan bandeng serta berat bandeng. Secara umum, tahun 2019 Dinas Perikanan Kota Pasuruan mencatat produksi budidaya air payau mencapai 1834 ton. “Ada bermacam-macam olahan bandeng jelak dipamerkan. Acara ini juga dalam rangkaian hari jadi Kota Pasuruan ke 334,” papar Edy Yana.[hil]

Tags: