Pemkot Probolinggo Siap Relokasi Pasar Ikan Mayangan

Pelabuhan Pendaratan Ikan MayanganProbolinggo, Bhirawa
Untuk memantapkan persiapan relokasi pasar ikan di PPI (Pelabuhan Pendaratan Ikan) Mayangan, bulan depan, Pemkot Probolinggo berencana menggelar sosialisasi sekaligus berdialog dengan para pedagang ikan. Kepala DinasĀ  Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Probolinggo, Didik Sudignyo, Selasa (20/1) mengatakan, pasar ikan di PPI Mayangan nantinya diprioritaskan bagi para pedagang yang terdaftar dan berjualan di pasar lama. Pasar itu bukan untuk pedagang yang tidak terdaftar atau dadakan.
Alasan relokasi bahwa Pemerintah Kota Probolinggo berupaya agar pedagang dan pembeli dapat menikmati kenyamanan dalam bertransaksi, di samping melihat kondisi pasar ikan yang lama, yang tidak layak lagi, apalagi pada musim hujan.
Dengan perkembangan Kota Probolinggo yang semakin pesat dibarengi dengan jumlah penduduk yang semakin besar, kita membutuhkan infrastruktur yang memadai dan lebih modern, sehingga Pemkot Probolinggo melihat perlunya dibangun pasar modern dan lebih layak dengan memperhatikan dampak terhadap lingkungan. “Tentunya di sini kebijakannya untuk meningkatkan kesejahteraan pedagang,” katanya.
Pasar ikan yang baru dilengkapi dengan penerangan listrik, lapak yang bagus dengan jumlah yang cukup, toilet, serta fasilitas kesehatan yang lebih representative. “Pasar tersebut berada di Pelabuhan Baru Kota Probolinggo.Pasar Ikan Pelabuhan Kota Probolinggo awalnya hanya sebuah tempat untuk menjual-belikan barang, dan sekarang menjadi pasar,” ujarnya. [wap]

Tags: