Pemkot Surabaya Segera Bongkar TPS Pasar Turi

TPS-Pasar-TuriPemkot Surabaya, Bhirawa
Pemerintah Kota Surabaya melakukan pendataan terhadap pedagang yang berjualan di tempat penampungan sementara Pasar Turi menyusul rencana pemkot yang akan membongkar TPS dalam waktu dekat ini.
Asisten II Bidang Pembangunan dan Ekonomi Sekretaris Kota Surabaya M. Taswin di Surabaya, Minggu, mengatakan bahwa Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Surabaya sudah melakukan pendataan di lapangan beberapa waktu lalu.
“Tujuannya, ya, untuk mendata berapa banyak pedagang yang masih bertahan di tempat penampungan sementara (TPS) dan berapa banyak sudah masuk ke Pasar Turi,” katanya.
Menurut dia, hingga sekarang masih banyak pedagang yang bertahan di TPS. “Tentu saja kami belum bisa melaksanakan pembongkaran TPS,” katanya.
Pembongkaran, kata dia, baru bisa dilaksanakan ketika seluruh pedagang sudah masuk semua ke Pasar Turi yang sekarang pembangunannya tinggal sentuhan akhir.
“Soal kapan rencana pembongkaran, mudah-mudahan bisa dilakukan tahun depan. Yang pasti TPS harus bersih terlebih dahulu dari pedagang,” jelasnya.
Agar pembongkaran bisa berjalan lancar, lanjut Taswin, pihaknya akan mengajukan persetujuan penghapusan aset pada DPRD Kota Surabaya. Pasalnya, pembangunan TPS tersebut itu menggunakan APBD.
Kabag Perlengkapan Kota Surabaya Noer Oemarijati mengatakan bahwa pembongkaran TPS Pasar Turi tahap 1, 2, dan 4 tidak bisa serta-merta dilakukan.
Sesuai dengan aturan main, bangunan yang dibangun dengan menggunakan APBD harus dilakukan penghapusan aset lewat persetujuan DPRD Kota Surabaya terlebih dahulu.
“Kami akan membentuk tim untuk menilai TPS. Jika sudah ada kepastian berapa besar nilainya, kami akan mengajukan ke lembaga legislatif untuk dilakukan penghapusan aset,” tegasnya.
Saat ini, lanjut dia, pihaknya sedang konsentrasi tentang penghapusan aset Pemkot Surabaya berupa gedung Pasar Turi Tahap 3 yang terbakar tiga tahun lalu. Saat ini, pihaknya sedang menunggu hasil Pansus Penghapusan Aset DPRD Kota Surabaya.
“Untuk penghapusan aset Pasar Turi, kami lakukan secara bertahap. Sekarang gedung Pasar Turi Tahap 3, kemudian menyusul TPS Pasar Turi tahap 1, 2, dan 4,” katanya. [dre]

Tags: