Pemprov Diminta Beri Program Khusus di Kepulauan

Anggota Komisi E DPRD Jatim Zaenal Abidin

DPRD Jatim, Bhirawa
Demi meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Jatim perlu program khusus yang diperuntukkan bagi masyarakat kepulauan. Alasannya, kemiskinan di Jatim hampir sebagian besar didominasi oleh masyarakat yang tinggal di kepulauan.
“Kami sebelumnya memberikan apresiasi atas kinerja Bu Gubernur Jatim atas keberhasilannya dalam meningkatkan IPM di Jatim tahun ini dibandingkan tahun lalu,” ungkap anggota Komisi E DPRD Jatim Zaenal Abidin, Selasa (25/2) kemarin.
Mantan birokrat ini mengatakan diperlukan program khusus terhadap warga di kepulauan mengingat di Jatim pembangunan belum merata terlebih di wilayah kepulauan. “Tidak hanya itu, dibandingkan propinsi lainnya di pulau Jawa, Jatim memiliki paling banyak wilayah kepulauannya sehingga perlu ada program khusus untuk masyarakat di kepulauan,” jelas politisi asal Partai Demokrat ini.
Pihaknya menganggap wajar jika IPM di Jatim masih rendah di pulau Jawa karena keberadaan masyarakat di kepulauan. “Meski masih terendah,namun dibandingkan tahun lalu ada peningkatan. Kami berharap lebih ditingkatkan lagi terutama pemerataan kualitas pendidikan di wilayah kepulauan,” kata Politisi asal Sumenep Madura ini,.
IPM Provinsi Jatim masih terendah di Pulau Jawa dan menempati peringkat ke-15 di Indonesia. Hal itu disebabkan rata-rata lama belajar masyarakat Jatim baru 7,39 tahun, atau setara jenjang SMP kelas dua semester satu. [geh]

Tags: