Pemprov Jatim Diminta Serius Perhatikan Keberadaan Situs Purbakala

DPRD Jatim, Bhirawa
Pemprov Jatim diminta serius memperhatikan keberadaan situs purbakala. Salah satunya dengan meniru Pemkab Sragen Provinsi Jateng yang telah memperlakukan khusus terhadap situs purbakala Sangiran.
Hal ini disampaikan Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim, Hikmah Bafakih saat memimpin kunjungan kerja ke museum purbakala Sangiran, Sragen, Jateng, Jumat (18/12) kemarin.
“Ada kesaamaan antara situs purbakala di Sangiran dan di Ngawi. Sehingga perlu dikembangkan hal kepurbakalaan di Jatim,” ungkapnya.
Politisi asal PKB ini membeberkan dengan memberikan contoh pengelolaan situs purbakala di Sangiran. “Di Sangiran tanah museumnya milik Pemkab setempat. Sedangkan bangunannya yang membangun pemerintah pusat,” jelas wanita asal Malang ini.
Hikmah berharap Pemprov Jatim juga meniru hal tersebut agar situ purbakala di Jatim tetap terjaga dan dikembangkan lebih luas lagi.
Sementara itu,anggota komisi E DPRD jatim Zaenal Abidin menambahkan pihaknya akan mensupport jika dibutuhkan anggaran tambahan untuk pengembangan kepurbakalaan di Jatim.
“Kalau untuk kepentingan masyarakat luas dan bermanfaat kami akan dukung itu,” tandas politisi Demokrat ini. [geh]

Tags: