Pemprov Jatim Siapkan Anggaran Pilgub Jatim 2018

PilgubDPRD Jatim, Bhirawa
Meski pelaksanaan Pilkada belum diketahui pasati, Pemprov Jatim telah menganggarkan dana sebesar Rp600 milar untuk pelaksanaan Pilgub Jatim tahun 2018. Dana itu sendiri akan disimpan dengan plot sendiri dalam bentuk deposito di Bank Jatim.
Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Jatim, Sahat Tua Simanjuntak mengatakan dana Pilgub tersebut tidak langsung dialokasikan dalam anggaran APBD tahun 2015, namun dianggarkan secara bertahap. Dimana, tahun 2015 dianggarkan Rp100 juta, tahun 2016 anggarannya Rp 200 juta dan tahun 2017 anggarannya Rp 200 juta. Sedang sisanya pada tahun 2018.
“Anggaran tersebut nantinya disimpan dalam bentuk deposito tersendiri di Bank  Jatim. Dengan begitu rekening itupun termasuk bunga-bunganya tidak dapat  disentuh oleh siapapun termasuk gubernur, sehingga semua orang tahu dengan penggunaan dana tersebut,”sambung Sahat, Minggu (9/11).
Ditambahkan oleh Sahat jika nantinya pemerintah memutuskan pilkada tidak langsung, maka secara otomatis deposito tersebut masuk ke kas daerah dan dibuatkan perda baru untuk pilkada tidak langsung. “Kalau pilkada tidak langsung dipastikan anggarannya tidak sampai Rp.600 miliar,”pungkasnya.
Sementara Gubernur Jatim, Soekarwo mengakui untuk meringankan beban APBD, dana Pilgub Jatim sudah mulai dianggarkan pada tahun 2015, namun alokasinya dibagi-bagi sampai pada 2018. Hal itu merujuk pada dana Pilgub Jatim yang sebelumnya yang juga dialokasikan secara bertahap. Begitupula dengan dimasukannya ke dalam dana deposito, menurut orang nomor satu di Jatim ini jika hal itu merujuk pada Pilgub sebelumnya.
“Yang pasti dengan dimasukan ke deposito, semua orang bisa memantau berapa bunganya termasuk apakah dana tersebut digunakan atau tidak. Karena dengan seperti akan mempermudah pemantauannya oleh dewan,”tegas mantan Sekdaprov Jatim ini. [Cty]

Tags: