Pemprov Usulkan 3.973 Formasi CPNS ke Kemenpan dan RB

DSC_6184Pemprov Jatim, Bhirawa
Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jatim mengajukan jumlah formasi rekrutmen CPNS ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) sebanyak 3.973 formasi. Jumlah yang diajukan ini berdasarkan kebutuhan dari masing-masing SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah).
Hingga sampai saat ini, BKD masih masih menunggu turunnya penetapan dari Kemenpan dan RB. Jika penetapan itu sudah turun, BKD kembali menyusun kuota rekrutmen untuk memilih dan memilah formasi mana yang sangat dibutuhkan pemprov.
“Info yang kami terima dari Kemenpan kemungkinan akhir Juni atau awal Juli ini kuota yang didapat Pemprov Jatim akan turun. Kita berharap segera turun agar bisa mempersiapkannya lebih matang,” Kata Kepala BKD Provinsi Jatim Dr H Akmal Boedianto MSi, dikonfirmasi, Minggu (8/6).
Menurut Akmal, dari usulan 3.973 formasi yang telah diajukan, dirinya berharap ada tambahan kuota atau minimal sama dengan tahun lalu. “Jika tahun lalu kita dapat jatah 585 formasi, kita harap ada peningkatan pada tahun ini, tapi kalaupun tidak ya semoga sama dengan yang lalu,” katanya.
Harapan itu, lanjut Akmal, bukan sesuatu yang berlebihan. Alasannya dalam penyelenggaraan rekrutmen CPNS tahun lalu, Pemprov Jatim dinilai sukses. Dengan jumlah peserta terbanyak dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia yakni 24.000 peserta, selama 22 hari tidak ada kendala atau masalah yang serius.
“Dengan pertimbangan itu semoga saja kuota untuk CPNS di lingkungan Pemprov Jatim ditambah. Semoga Kemenpan dan RB melihat apa yang telah kita lakukan saat rekrutmen tahun lalu. Selain itu, kebutuhan kita memang banyak,” ungkapnya.
Diakui Akmal, jumlah kuota yang turun nanti tetap saja belum bisa memenuhi kebutuhan ideal SKPD-SKPD di Pemprov Jatim. Apalagi jika melihat data yang diusulkan oleh SKPD rata-rata adalah tenaga teknis yang mempunya kegiatan di lapangan atau di luar kantor.
“Yang paling banyak membutuhkan tenaga contohnya di Dinas Pertanian yang mengusulkan 479 orang, dan yang paling sedikit di Badan Perpustakaan yaitu dua orang saja. Rata-rata SKPD mengusulkan formasi mencapai puluhan,” jelas mantan Sekretaris DPRD Jatim ini.
Jika bulan depan penetapan kuota sudah turun, kata Akmal, kemungkinan pelaksanaan rekrutmen CPNS pemprov dilakukan sekitar September hingga Oktober mendatang. “Kita telah sukses menyelenggarakan tes dengan system CAT (Computer Assisted Test). Dan tahun ini kita juga akan menggunakan sistem yang sama,” tandasnya. [iib]

Tags: