Penanganan Covid-19 di Kota Pasuruan Rp 80,9 M

Kepala BPKAD Kota Pasuruan, Mochamad Amien.

Kota Pasuruan, Bhirawa
Sebanyak Rp 80,9 miliar sudah disiapkan oleh Pemkot Pasuruan penanganan Covid-19 tahun 2021. Dari besaran anggaran tersebut, penanganan kesehatan mendominasi, yakni sebesar Rp 51,2 miliar.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pasuruan, Mochamad Amien menyampaikan anggaran Rp 80,9 miliar itu bersumber dari APBD 2021. Sedangkan peruntukkannya untuk masalah kesehatan, bantuan ekonomi dan jaring pengaman sosial.

“Pada penanganan kesehatan sebesar Rp 51,2 miliar itu terbagi dua. Yakni untuk di RSUD dr R Soedarsono dan Dinas Kesehatan Kota Pasuruan. Rp 43,1 miliar di Dinas Kesehatan serta Rp 8,1 miliar untuk mendukung pelayanan rumah sakit,” ujar Mochamad Amien, Kamis (25/2).

Upaya pemulihan ekonomi untuk masyarakat yang terdampak pandemi juga menjadi perhatian Pemkot Pasuruan. Anggaran pemulihan ekonomi ini sebesar Rp 5,6 miliar.

“Bantuan ekonomi ini untuk 4.700 penerima. Adapun, jaring pengaman sosial dianggarkan Rp 18,3 miliar bagi 15.137 penerima. Jumlah nominalnya tetap, di Rp 200 ribu setiap bulan selama enam bulan,” terang Mochamad Amien.

Disinggung, apakah enam bulan usai bantuan itu akan dilanjut, pihaknya menambahkan Pemkot Pasuruan akan melihat dahulu perkembangan ke depan dan memerhatikan kemampuan keuangan daerah.

“Penambahan itu nanti lihat perkembangan hingga kebutuhan. Dan itu bisa dilaksanakan melalui PAK,” jelas Mochamad Amien. [hil]

Tags: