Pendaftar Haji di Kabupaten Sumenep Capai 30 Orang Setiap Hari

Kasi Umroh dan Haji Kemenag Sumenep, Muh. Rifai Hasyim

Sumenep, Bhirawa
Pendaftar calon jamaah haji di Kabupaten Sumenep terhitung relatif tinggi. Pendaftar tamu Allah itu setiap harinya mencapai 25 hingga 30 orang. Padahal, mereka harus menunggu selama 29 tahun untuk berangkat ke tanah suci Makkah.
Kasi Umroh dan Haji Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumenep, Muh. Rifai Hasyim mengatakan, pendaftar haji di Bumi Sumekar ini sangat tinggi. Masyarakat sangat antusias untuk melaksanakan ibadah ke tanah suci Makkah. Buktinya, kantor Kemenag Sumenep setiap harinya tidak pernah sepi dari masyarakat yang menanyakan syarat untuk mendaftar sebagai calon tamu Allah.
“Kalau pendaftar jamaah haji lumayan banyak, setiap harinya antara 25 hingga 30 orang,” kata Muh. Rifai Hasyim, Kamis (13/2).
Rifai menerangkan, antusiasme masyarakat Sumenep sangat tinggi dalam menunaikan rukun Islam yang ke lima. Sepertinya masyarakat tidak pernah melihat kondisi riil daftar tunggu pemberangkatan yang sangat lama, bahkan mencapai 29 tahun.
“Daftar tunggu pemberangkatan jamaah mencapai 29 tahun. Kalau mendaftar tahun ini, mereka baru bisa berangkat ke tanah suci pada tahun 2049. Ini bukan waktu yang sebentar, tapi rupanya tidak membuat masyarakat menyerah,” paparnya.
Dari ratusan JCH yang akan berangkat tahun ini telah mengurus paspor. Kemenag sengaja mendahulukan pengurusan paspor dari pada pelunasan biaya perjalanan untuk menghindari persoalan menjelang pemberangkatan. Sebab, beberapa tahun terakhir ini terjadi problem saat mendekati masa pemberangkatan.
“Semua jamaah sudah mengurus paspor. Kalau sudah waktunya berangkat, jamaah tidak akan sibuk mengurus paspor lagi. Kami sengaja mendahulukan pengurusan paspor dari pada pelunasan biayanya,” tegasnya.
Untuk diketahui, Jamaah Calon Haji (JCH) asal Sumenep yang akan berangkat pada tahu ini sebanyak 652 orang. JCH yang akan berangkat tahun ini mereka yang mendaftar pada tanggal 1 Maret hingga 8 September 2011. Di luar tanggal tersebut masih menjadi daftar tunggu pemberangkatan tahun berikutnya. [sul]

Tags: