Pendataan Vaksin Covid-19 Gunakan Data BPJS Kesehatan di Tulungagung

dr Kasil Rohmad

Tulungagung, Bhirawa
Kabupaten Tulungagung saat sedang melakukan pendataan terkait vaksinasi Covid-19. Data menggunakan data sukender milik BPJS Kesehatan. Demikian diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung, dr Kasil Rohmad, Minggu (15/11). “Saat ini kami sedang melakukan pendataan untuk vaksinasi Covid-19,” ujarnya.

Menurut dia, dalam pendataan tersebut Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung mengambil data sekunder, yakni data milik BPJS Kesehatan. “Hanya untuk prediksi jumlah,” imbuhnya.

Soal berapa prediksi jumlah warga Kabupaten Tulungagung yang akan divaksin Covid-19, Kasil yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung ini belum bisa memastikannya. “Kami belum tahu. Data dari pusat. Kami tinggal terima,” paparnya.

Sebelumnya, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Tulungagung, Galih Nusantoro, menyatakan hal serupa. Ia menyebut Kabupaten Tulungagung sedang melakukan persiapan pendataan siapa saja yang akan divaksin Covid-19. “Soal vaksinasi Covid-19 persiapan pendataan. Rencananya akan ada rapat terkait hal tersebut,” katanya.

Galih Nusantoro menyebut nantinya setelah ada kepastian dari Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Pusat, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung akan melakukan penjadwalan. “Prioritas yang utama vaksinasi adalah tenaga kesehatan, kemudian usia produktif dan yang rentan,” tuturnya.[wed]

Tags: