Penderita AIDS/HIV di Nganjuk Capai 537 Orang

HIV-AIDS-MonitorlNganjuk, Bhirawa
Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Kabupaten Nganjuk mencatat ada 537 orang yang positif terinfeksi virus HIV dan sudah 158 orang yang meninggal. Tidak hanya kalangan penjaja seks komersial (PSK) yang terinfeksi tetapi orang dengan HIV AIDS (ODHA) yang sudah ditemukan di Nganjuk berasal dari berbagai profesi.
Trisna Eka Setyawati, Koordinator Divisi Pemberdayaan Orang dengan HIV AIDS (ODHA) KPAD Nganjuk menyebutkan jumlah penderita yang terinfeksi HIV terus bertambah. Bulan November, diterangkan Trisna, setidaknya ada penambahan dua orang yang terinfeksi HIV/AIDS di Nganjuk. Di mana keduanya berasal dari PSK yang bekerja di lokalisasi Guyangan, yang terletak di Kelurahan Guyangan, Kecamatan Bagor. “Ada dua orang lagi yang terdeteksi mengidap HIV, semua PSK asal Lokalisasi Guyangan,” ujar Trisna.
Diprediksi oleh Trisna, tidak menutup kemungkinan jumlah orang yang terinfeksi HIV masih akan bertambah. Karena sejumlah laporan sudah masuk ke KPAD meski belum dilakukan pemeriksaan di lapangan. “Kemungkinan ada lagi, tapi yang sudah tercatat baru dua itu, semuanya PSK,” kata Trisna.
Penambahan jumlah ODHA dari kalangan PSK ini tentu menambah daftar panjang penderita penyakit yang menyerang kekebalan tubuh ini di Nganjuk. Padahal, hampir setiap tahun selalu ada yang meninggal karena HIV/AIDS.  “Baru-baru ini saja ada yang meninggal lagi tiga orang akibat virus HIV/AIDS,” terang Trisna. [ris]

Tags: