Penderita DBD Sumenep Capai 168 Orang

Demam Berdarah DengueSumenep, Bhirawa
Penderita demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Sumenep mencapai 168 orang di bulan Januari 2015 ini. Korban tersebar di kecamatan Kalianget, Saronggi, Kota dan Gapura. Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK) Dinas Kesehatan, Dwi Regnani mengatakan, sejak awal Januari hingga pekan ketiga ini korban DBD terus naik yakni mencapai 168 orang dan jumlah ini masih bisa bertambah. “Sejak awal Januari hingga sekarang penderita DBD sudah 168 orang. Ini relatif tinggi, tapi masih rendah jika dibanding tahun 2013 yang menjadi puncak jumlah penderita DBD,” kata Dewi Regnani, Rabu (21/1).
Menurut Dewi Regnani, penderita DBD itu dirawat di Puskesmas dan Rumah Sakit Daerah Moh Anwar Sumenep. Mereka tersebar di kecamatan Kalianget, Saronggi, Kota dan Gapura. “Kalau kecamatan Kalianget, Saronggi dan Kota memang sejak dulu menjadi tempat penderita DBD, tapi sekarang sudah merembet ke Gapura,” ujarnya.
Ia menambahkan, untuk menekan angka penderita DPD yang terus bertambah, pihaknya mengaku telah melakukan sosialisasi ke masyarakat soal pola hidup sehari-hari, karena DBD ini erat kaitannya dengan pola hidup masyarakat. “Kami telah galakkan sosialisasi kepada masyarakat agar lebih memperhatikan kebersihan lingkungannya dan menguras tempat air dirumah masing-masing,” ungkapnya.
Di tahun 2014, jumlah penderita DBD dalam setahun sebanyak 216 orang. Yang paling tinggi pada bulan Desember 2012 hingga Januari 2013 mencapai 400 penderita. Saat itu menjadi puncak paling tinggi. [sul]

Rate this article!
Tags: