Penetapan Lima Cagar Budaya Peringkat Kabupaten dengan Keputusan Bupati

Plt Kabid Kebudayaan, Disdikbud Kabupaten Jombang, Anom Antono, Selasa (17/11). [arif yulianto]

Jombang, Bhirawa
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang memastikan, penetapan lima cagar budaya di Jombang sebagai cagar budaya peringkat kabupaten, akan menggunakan Keputusan Bupati Jombang.
Kelima cagar budaya ini yakni, Situs Sumberbeji di Kecamatan Ngoro, Candi Arimbi di Kecamatan Bareng, Yoni Gambar di Kecamatan Mojowarno, Prasasti Tengaran di Kecamatan Peterongan, dan Prasasti Gurit di Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang. Hal itu seperti disampaikan oleh Plt Kepala Bidang Kebudayaan, Disdikbud Kabupaten Jombang, Anom Antono, Selasa (17/11).
“Penetapan cagar budaya itu berupa keputusan bupati tentang cagar budaya. Bahwasannya ini merupakan amanat UU Nomor 10 Tahun 2011,” kata Anom Antono.
Anom menjelaskan, cagar budaya membutuhkan pemeringkatan secara bertahap. Jadi (ketika) peringkat kabupaten sudah kita tetapkan, berikutnya kita akan menetapkan untuk peringkat provinsi. Untuk situs-situs yang butuh ditingkatkan peringkatnya, akan kita tingkatkan. Harapannya, untuk pemeliharaan (bisa) lintas anggaran.
Terkait perkembangan rencana penetapan lima cagar budaya di Kabupaten Jombang menjadi cagar budaya peringkat kabupaten ini, Anom Antono mengaku keputusan bupati tersebut sudah berada di Bagian Hukum, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang.
“Mungkin sudah jadi, keputusan bupati tentang penetapan cagar budaya, Insya Alloh nanti segera kita ambil di bagian hukum. Karena padatnya kegiatan, itu masih di Bagian Hukum, belum saya ambil,” terangnya. [rif]

Tags: