Pengadilan Kirimkan Salinan Berkas PK ke LBH

3-Wapan PN Surabaya Soedi WibowoPN Surabaya, Bhirawa
Somasi yang dilakukan LBH Surabaya, mendapat tanggapan dari Panitera PN yang telah melengkapi berkas yang hilang dan dikirimkan ke LBH Surabaya pada Senin (16/6) kemarin. Sebelumnya LBH Surabaya mensomasi PN Surabaya terkait hilangnya berkas Peninjauan Kembali (PK) ke Mahkamah Agung (MA) atas perkara praperadilan PT CJ Feed Jombang pada Polda Jatim di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.
Wakil Panitera (Wapan) PN Surabaya Soedi Wibowo membenarkan, pihaknya sempat dipanggil Ketua PN Surabaya Heru Supriyono, terkait somasi atas hilangnya berkas PK itu. Selanjutnya, Ia meminta Panitera yang menangani kasus ini, untuk mencari keberadaan surat kuasa yang dikatakan hilang oleh LBH Surabaya.
“Jumat (13/6) lalu, saya memerintahkan Panitera untuk mencari berkas surat kuasa yang dikatakan hilang,” terang Soedi kepada wartawan, Senin (16/6).
Soedi mengakui, berkas surat kuasa itu memang tak ditemukan. Namun, pihaknya meyakinkan bahwa berkas surat kuasa itu tidak mungkin hilang, hanya terselip saja. karena berkas itu dibutuhkan untuk PK ke MA, maka dirinya meminta Panitera segera mencari arsip berkas surat kuasa di kepaniteraan hukum.
“Manusia kan tak luput dari kesalahan, begitu juga Panitera yang sewaktu-waktu salah. Namun, kami menindaklanjuti permintaan LBH dengan memfotocopikan arsip dari kepaniteraan hukum, dan mengirimkannya ke LBH,” terangnya.
Mantan Panitera Muda (Panmud) Pidana ini menjelaskan, dirinya memang sudah melengkapi berkas yang diminta LBH. Karena Jumat lalu waktunya sedikit, maka berkas baru bisa dikirim pada Senin (16/6). “Saya tegasnkan lagi, berkas yang dinyatakan LBH telah hilang, kami sudah kirimkan langsung ke alamat LBH Surabaya,” tegasnya.
Terpisah, Kabid Penanganan Perkara LBH Surabaya, Hosnan menambahakan, hingga Senin (16/6) siang, pihaknya belum mendapatkan kiriman berkas dari PN Surabaya. Maka, pihaknya memberi waktu selama dua hari, hingga Rabu (18/6) mendatang.
“Belum ada berkas dari PN? Kami masih berbaik hati, dan member waktu sampai Rabu mendatang. Kalau memang belum terkirim, somasi kami akan lanjutkan ke gugatan,” pungkasnya.
Seperti diketahui, LBH Surabaya melayangkan somasi ke PN Surabaya, karena PN tak mengindahkan permintaan klarifikasi yang dilayangkan pada 8 Mei lalu, terkait hilangnya berkas perkara klien LBH Surabaya. Adapaun perkara yang ditangani LBH adalah kasus praperadilan PT CJ Feed Jombang pada Polda Jatim, dengan klien Agus Suprapto.
Gara-gara ada berkas yang hilang dalam pengajuan Peninjauan Kembali (PK) ke Mahkamah Agung (MA), LBH Surabaya pun meradang dan pilih mensomasi Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Bahkan, jika dalam waktu 7 hari sejak adanya somasi itu PN Surabaya tak merespon, LBH akan menggugat Ketua PN di PN Surabaya. [bed]

Keterangan Foto : Wapan-PN-Surabaya-Soedi-Wibowo.

Tags: