Pengaduan Warga Lewat Humas Pemkab Gresik Turun

Sosialisasi penangan pengaduan masyarakat yang digelar Bagian Humas dan Protokol di Kec Ujungpangkah. [kerin ikanto/bhirawa]

Gresik, Bhirawa
Pemkab Gresik melakukan sosialisasi terkait penanganan pengaduan. Melalui Bagian Humas, kali ini sosialisasi dilakukan di Kec Ujungpangkah, Rabu (19/4). Melalui sosialisasi itu diharapkan pengaduan masyarakat menurun.
Kabag Humas dan Protokol Pemkab Gresik, Suyono menuturkan, dibanding tahun 2016, jumlah pengaduan masyarakat yang masuk melalui Bagian Humas dan Protokol mengalami penurunan. Itu diungkapkan Suyono saat melakukan sosialisasi di pendopo Kec Ujungpngkah, Rabu (19/4) kemarin.
Sejumlah tokoh masyarakat, Ormas dan perangkat desa hadir dalam sosiaisasi itu. Selama tahun 2016 kata Suyono, jumlah pengaduan yang masuk ke Pemkab Gresik melalui Bagian Humas dan Protokol mencapai 625 pengaduan. Dari jumlah itu, lanjutnya, Bagian Humas dan Protokol telah mengkoordinasikan dan menyelesaikan 554 kasus. Sementara, 71 kasus yang lain masih dalam proses. Sementara,  tahun 2017 per 15 April 2017 mencapai 93 pengaduan.
Terkait pengaduan itu, Suyono menuturkan, mayoritas pengaduan masyarakat terkait pelayanan dilakukan instansi terkait. Ditambahkan Suyono, keseriusan Pemkab Gresik menerima pengaduan masyarakat untuk terus memperbaiki pelayanan ditunjukkan Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto. Hampir setiap pengaduan yang disampaikan ke bupati selalu mendapat respon baik dari bupati.
”Sejak Pak Bupati turun langsung untuk memberikan arahan dan memerintahkan seluruh (Organisasi Perangkat Daerah) OPD untuk semakin meningkatkan kinerja serta meningkatkan pelayanan, Alhamdulillah terlihat hasilnya. Terbukti pengaduan masyarakat tahun lalu dan tahun 2017 ini terlihat menurun,” kata Suyono.
Dikatakan Suyono, sosialisasi yang dilakukan pihaknya itu sangat penting. Karena kegiatan itu memberi semacam wawasan tentang bagaimana menangani pengaduan masyarakat terkait pelayanan yang diberikan Pemkab Gresik melalui OPD terkait. [eri]

Tags: