Pengamanan Gereja di Mojokerto Terkendali, Jemaat Ibadah Aman dan Tenang

Bupati bersama Dandim dan Kapolres serta segenap OPD, telah meninjau langsung, pelaksaan ibadah paskah dan kenaikan isa almasi pada salah satu Gereja di wilayah Kabupaten Mojokerto.

Mojokerto. Bhirawa
Pemerintah Kabupaten Mojokerto bersama Forkopimda dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), telah menjamin keamanan dan kenyamanan ibadah umat Kristiani, dalam peringatan perayaan Hari Kenaikan Isa Almasih dan Paskah.

Kapolres Mojokerto. AKBP. Dony Alexander mengatakan, Untuk pengamanan 29 Gereja yang tersebar di wilayah Kabupaten Mojokerto, kami telah mulai tanggal 1/4 berlangsung hingga minggu 4/4/21.dengan sistem berlapis. Yakni pemeriksaan di pintu masuk, mensterilkan ruangan dan penjagaan di jalan masuk Gereja. Dan personel yang diturunkan untuk tiap Gereja sedikitnya 35 orang.

Hal ini agar umat Kritiani bisa beribadah dengan tenang dan nyaman dalam merayakan Hari Paskah dan Kenaikan Isa Almasi, Adapun jumlah personel yang kami terjunkan bersama TNI dalam hal ini Kodim Mojokerto, tidak kurang 35 orang, kami juga melakukan koordinasi dengan Forum Kerukunan Umat beragama. Dan juga dengan Banser untuk ikut bersama sama melakukan pengamanan 29. Gereja yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Mojokerto. Kata Kapolres.minggu 4/4/2.

Sementara itu Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati yang didampingi Kapolres Mojokerto AKBP Dony Alexander, Dandim 0815 Dwi Mawan Sutanto dan OPD saat meninjau langsung kelancaran rangkaian ibadah di dua lokasi, yakni pagi hari di Gereja Isa Almasih Mojosari dan Gereja Santa Maria Bintang Pacet pada Jumat sore mengatakan,

“Kami datang untuk melihat dan memastikan keamanan serta kenyamanan para jemaat.

Untuk itu Kami hanya sebentar saja agar tidak menganggu khidmatnya ibadah. Kita semua berharap Paskah berjalan damai. Saya juga mohon untuk tetap menjalankan protokol kesehatan demi keamanan bersama,” mengingat hingga saat ini virus Civid -19 masih ada dan siap menyerang siaoa saja yang abai dengan pelaksanaan protokol kesehatan. kata Bupati Ikfina

Sementara itu Dandim 0815 Mojokerto. Letkol. Inf. Dwi Mawan Sutanto senada dengan Bupati dan Kapolres, jika Pemkab. Bersama Polres dan Kodim Mojokerto memang bersinergi untuk memberikan pengamanan dan kenyamanan bagi umat Kristiani dalam menjalankan ibadah paskah maupun Kenaikan Isa Almasih.

Untuk itu pengamanan secara terintergrasi telah dimulai sejak kamis putih tanggal 1 hingga minggu 4/4/21. Dengan melakukan koordimpnasi dengan berbagai elemen masyarakat termasuk FKB. Forum Kerukunan umat Beragama dan pengamanan swakarsa Gereja. Tujuannya tidak lain agar umat Kristiani dalam melakukan ibadah bisa tenang, nyaman dan khusuk. Jelas Dandim. (min)

Tags: