Pengamanan Hari Paskah di Sidoarjo Harus Lebih Diperketat

Bupati Sidoarjo Achmad Muhdlor saat meninjau langsung ke salah satu gereja bersama Forkopimda. [achmad suprayogi/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor meminta kepada aparat TNI-Polri untuk lebih memperketat pengamanan perayaan hari Paskah yang akan berlangsung mulai Kamis hingga Minggu, 1-4 April 2021.

Pengamanan ekstra ketat terhadap puluhan gereja di Sidoarjo dilakukan untuk mengantisipasi terulangnya kejadian bom Gereja Katedral di Kota Makassar beberapa waktu yang lalu.

“Seluruh Gereja di Sidoarjo harus dilakukan penjagaan ekstra ketat jangan sampai kita kecolongan,” tegas Bupati Muhdlor saat mengecek kesiapan pengamanan di Gereja Katolik Santa Maria Annuntiata Jl. Monginsidi Sidoarjo bersama Forkopimda. Selasa, (30/3) kemarin.

Muhdlor ingin umat kristiani terutama di wilayah Sidoarjo bisa menjalankan ibadah hari Paskah dengan tenang. Untuk itu Ia mengajak semua elemen masyarakat kompak bersatu lawan aksi teror dalam bentuk apapun.

“Kepada umat kristiani yang akan menjalankan ibadah perayaan hari Paskah jangan takut, kami (pemerintah) hadir bersama jajaran forkopimda menjaga keamanan dan ketertiban selama perayaan paskah. Kami ingin saudara kita umat kristiani bisa menjalankan ibadah dengan tenang,” kata Muhdlor dihadapan para pengurus Gereja Katolik Santa Maria Annuntiata.

Sementara itu Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji menyampaikan saat ini Polri Bersama TNI sudah melakukan sejumlah persiapan pengamanan. Pengamanan juga melibatkan Ormas NU dan Muhammadiyah.

“Tidak hanya ada personel dari Polresta Sidoarjo dan jajaran, untuk menjamin rasa aman serta nyaman masyarakat dalam merayakan Hari Suci Paskah. Pengamanan ketat juga akan melibatkan TNI, Satpol PP, Banser dan ormas lainnya,” ujar Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji. [ach]

Tags: