Pengawas Perikanan Kementerian KKP Kunjungi Situbondo

Kendiyanto Giman, pemilik budidaya tambak ikan CV Yakin Semangat Jadi Situbondo saat berkonsultasi di ruang Kasi Usaha dan Hasil Perikanan pada Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo RBH Fathorrahman Selasa (9/2). [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Sejumlah pembudidaya tambak ikan yang berdiri di pesisir utara Kabupaten Situbondo berkomitmen untuk mengikuti arahan dari tim Pengawas Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI. Langkah ini ditempuh setelah CV Yakin Semangat Jadi Situbondo, sebuah pembudidaya tambak ikan yang beralamat di Dusun Keperan, Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo dikunjungi tim Pemeriksa Perikanan baru baru ini.

Direktur CV Yakin Semangat Jadi Situbondo, Kendiyanto Giman mengatakan, beberapa hari yang lalu usaha tambak miliknya dikunjungi tim Pemeriksa Perikanan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, Direktorat Jenderal Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), Pangkalan Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Benoa. “Dari kunjungan awal tim Pemeriksa Perikanan itu tidak ketemu saya. Baru beberapa hari kembali lagi dan berhasil ketemu,” aku Aan-panggilan akrab Kendiyanto Giman, Selasa (9/2).

Masih kata Aan, saat pertemuan kedua tim Pemeriksa Perikanan menyampaikan maksud dan tujuan kunjungannya dengan melampirkan surat tugas yang ditandatangani Kepala Pangkalan PSDKP Beno, melalui Koordinator Satwas SDKP Banyuwangi atas nama Tangguh Toranaga.

“Dalam kunjungan itu semua diperiksa dan berjalan lancar. Baru memasuki pemeriksaan akhir, ditemukan ada sejumlah perijinan yang belum dikantongi CV Yakin Semangat Jadi Situbondo. Semua rekomendasi siap saya penuhi. Namun kami meminta waktu yang cukup sehingga bisa tuntas semuanya,” ujar Aan kemarin.

Aan kembali menuturkan, komitmen dirinya untuk menuntaskan semua anjuran dari KKP-RI tersebut dibuktikan dengan pembuatan surat pernyataan kesanggupan yang isinya kesediaan memenuhi kekurangan dokumen perijinan sebagaimana dianjurkan tim Pengawas Perikanan.

“Dalam surat pernyataan itu juga saya paparkan untuk siap ditindak sesuai dengan Peraturan Perundangan Bidang Perikanan yang berlaku, manakala tidak bisa memenuhi kelengkapan dokumen perijinan sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan,” pungkas Aan.

Di lain pihak, Kepala Seksi (Kasi) Pengawasan Usaha dan Hasil Perikanan pada Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo RBH Fathorrahman, mengakui kunjungan dari tim Pengawas Perikanan KKP itu disampaikan kepada dirinya oleh para pembudidaya tambak ikan, termasuk CV Yakin Semangat Jadi Situbondo.

Sebagai mitra dari kalangan pembudidaya tambak di Kabupaten Situbondo, aku RBH Fathorrahman, diberi masukan sehingga kelangsungan usaha budidaya tambak di Kota Santri berjalan dengan lancar dan sukses. “Kami berkomitmen untuk terus bermitra dengan baik bagi semua pembudidaya tambak ikan yang ada di Kabupaten Situbondo,” ungkap RBH Fathorrahman.[awi]

Tags: