Penghargaan Kembali Diraih Pemerintah Kabupaten Lamongan

Lamongan, Bhirawa
Pemerintah Kabupaten Lamongan untuk kesekian kalinya kembali menerima penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Kali ini kategori khusus, karena kepedulian Pemerintah Kabupaten Lamongan yang telah berkontribusi dalam menyalurkan program jaminan sosial ketenagakerjaan melalui Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun 2023.

3 Kabupaten penerima penghargaan kategori ini yakni Lamongan, Tulungagung dan Mojokerto. Melalui DBHCHT tersebut, Pemerintah Kabupaten Lamongan telah memberikan perlindungan kepada 22.000 orang petani tembakau dengan mendaftarkannya pada program BPJS Ketenagakerjaan.

Pada Rabu 28 Februari 2024, mewakili Bupati Lamongan, Kepala Dinas PTSP Hamdani Azahari menerima penghargaan tersebut di Surabaya yang diberikan oleh Pj.Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono.

Selain Pemkab, Perumda Bank Daerah Lamongan juga mendapatkan penghargaan paritrana award kategori perusahaan besar/ menengah sektor keuangan.

Langkah ini merupakan salah satu bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Lamongan terhadap warganya, karena melihat besarnya potensi resiko yang dihadapi warga selama bekerja. Pada saat terjadi resiko, Pemerintah Daerah maupun masyarakat sudah tidak perlu repot lagi karena seluruh pembiayaan perobatan akibat kecelakaan kerja sudah dialihkan dan menjadi tanggung jawab Negara melalui BPJS Ketenagakerjaan.

Termasuk jika ada warga yang mengalami musibah meninggal dunia, keluarga/ahli waris mendapat manfaat pasti berupa santunan senilai 42 juta dari BPJamsostek.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Lamongan Hadi Susanto menyampaikan, sampai dengan saat ini, manfaat klaim yang sudah dibayarkan tembus angka 1,02 Miliar yang sudah diterima oleh 24 keluarga/ahli waris.

“Peserta sejumlah 22.000 petani tersebut tersebar di 8 Kecamatan penghasil tembakau, dan berakhir masa kepesertaan BPJS Ketenagakerjaannya di Januari 2024. Diharapkan agar warga dapat melanjutkan secara mandiri dan dapat membayarkan iurannya melalui kanal pembayaran yang sudah disediakan seperti Kantor Pos, Brilink, Agen46, ATM, Perbankan, dsb,” katanya.

Sejak awal kepesertaannya dimulai April 2023, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Lamongan telah berkolaborasi bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lamongan dengan melakukan edukasi massive bersama seluruh BPP dan penyuluh pertanian kepada warga/petani.

“Diharapkan petugas PPL turut membantu menyebarluaskan informasi kemanfaatan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi seluruh masyarakat, agar perlindungan tidak hanya dirasakan oleh segelintir warga, namun bisa merata dirasakan oleh seluruh masyarakat,” terangnya.

Dihubungi dilokasi yang berbeda, Rd Edi Sasono selaku Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Bojonegoro juga mengimbau wilayah Bojonegoro untuk lebih peduli terhadap warganya dengan cara memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan yang diselenggarakan oleh pemerintah melalui BPJS Ketenagakerjaan. [geh]

Tags: