Penghargaan Public Relation Indonesia Award 2023 jadi Kado HUT Kota Malang

Kadis Kominfo Kota Malang M.Nur Widianto saat menerima PRIA Award 2023.

Kota Malang, Bhirawa.
Diguyur penghargaan menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Malang. Kota yang dipimpin duet Sutiaji-Sofyan Edi Jarwoko itu, baru saja menerima penghargaan di ajang Public Relations Indonesia (PRIA) Award 2023 untuk kategori Terpopuler di Media Cetak dan Online 2022 subkategori Pemerintah Kota.

Penghargaan The 8th PR Indonesia Award ini diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang Muhammad Nur Widianto, S.Sos, di Aston Denpasar Hotel & Convention Center, Denpasar, akhir pekan kemarin.

Penghargaan itu, diraih sebagai pertanda menunjukkan atensi dan apresiasi yang diberikan oleh media terhadap berbagai isu dan perkembangan di Kota Malang yang berdasarkan penilaian menunjukkan jumlah eksposur positif tertinggi di media cetak dan online.

Usai menerima penghargaan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang Muhammad Nur Widianto menyampaikan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mengapresiasi dan berterimakasih atas peran serta rekan-rekan media di berbagai platform atas atensinya.

Disampaikan dia, sepanjang tahun 2022, media memberikan atensi luas pada berbagai capaian yang diraih Kota Malang. Diantaranya terkait meningkatnya capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Malang dan geliat ekonomi kreatif yang mengiringi aktivasi Malang Creative Center (MCC).

” 31 penghargaan tingkat nasional dan 13 penghargaan tingkat Jawa Timur diraih oleh Kota Malang. Wujud keberhasilan Kota Malang juga ditunjukkan dalam mayoritas indikator kinerja, dimana Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Malang meningkat ke angka 82,71,” bebernya.

Di sisi peningkatan kualitas sumber daya manusia, capaian IPM tahun 2022 tersebut merupakan yang tertinggi kedua di Jawa Timur serta jauh diatas rata-rata nasional.

“Media juga memberikan atensi pada hadirnya Malang Creative Center (MCC). Proyek MCC secara positif diberitakan media dapat mewadahi pelaku UMKM untuk meningkatkan bisnisnya serta menyerap lebih banyak tenaga kerja di Kota Malang sebagai penguatan ekonomi kreatif,” pungkasnya.

Sementara Founder dan CEO PR Indonesia, Asmono Wikan menyampaikan bahwa untuk melengkapi beberapa kategori yang berbasis penjurian, PR Indonésia bekerja sama dengan Indonesia Indicator menghadirkan kategori Terpopuler di Media Cetak dan Online.

“Metode penilaian pada kategori ini berdasarkan total dan sentimen pemberitaan (eksposur) di lebih dari 250 media cetak dan 11.000 media online selama rentang waktu 1 Januari 2022 – 31 Desember 2022,”tandas Asmono.

PR Indonésia Award 2023 ini mengusung tema ‘Komunikasi untuk Peradaban Negeri’ di mana Bali menjadi saksi puncak perhelatan PRIA yang kedelapan. Dikatakannya, Bali memang selalu istimewa bagi salah satu kompetisi public relations (PR) terbesar di tanah air ini. Sebab, ajang ini lahir di Bali pada tahun 2016. [mut.gat]

Tags: