Penghitungan Suara Manual PPK Robatal Sampang Memanas

Potongan gambar aksi protes di PPK Robatal, Kabupaten Sampang

Sampang, Bhirawa
Rapat pleno terbuka rekapitulasi suara manual yang digelar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Robatal, Kabupaten Sampang, Rabu (21/2) memanas. Pleno tersebut diwarnai keributan di dalam dan di luar ruang rapat.

Hal itu dipicu adanya suara gaduh di dalam ruang rapat hingga adanya protes para saksi karena diduga adanya perbedaan perolehan suara sejumlah calon legislastif (caleg) Pemilu 2024. “Saya minta agar surat suara dihitung ulang,” ucap Iqbal Fatoni, saksi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Keluahan serupa juga juga dirasakan sejumlah saksi dari partai Golkar, PKS, dan juga NasDem. Portes itu sempat mendapatkan reaksi keras dari PPK setempat yang memimpin pleno. Mereka tetap melanjutkan penghitungan hingga membuat orang-orang seisi ruangan penghitungan menjadi tegang.

Protes saksi di dalam lokasi penghitungan memicu reaksi sejumlah massa pendukung di luar yang nyaris masuk arena penghitungan. Mereka bahkan memenuhi badan jalan hendak merangsek masuk ke lokasi penghitungan.

Bahkan, beberapa warga sempat membuat pihak keamanan bersiaga untuk menghadang massa yang hendak masuk ke dalam ruang rapat. [lis.iib]

Tags: