Pengunjung Perpusda Bojonegoro Didominasi Usia Produktif

Pengunjung Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Bojonegoro.

Bojonegoro, Bhirawa
Sepanjang tahun 2019, jumlah pengunjung Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Bojonegoro mencapai 14.841 orang, sedangkan untuk perpustakaan keliling mencapai 4.871 orang. Total keseluruhan 19.712 pengunjung yang di dominasi usia 17 hingga 25 tahun (produktif).
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bojonegoro, Kamidin melalui Kasi Layanan dan Pustaka, Heri Purwanto mengungkapkan, selama tiga bulan terakhir di tahun 2019 memang mengalami peningkatan signifikan, bersamaan dengan Bulan Bahasa sekaligus pihaknya juga turut menggandeng Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro.
“Tahun 2019 terpenuhi untuk semua target, termasuk perpustakaan keliling. Tertinggi di Bulan Oktober ada 1.828 pengunjung, serta pengunjung perpustakaan keliling mencapai 1.420 orang,” jelasnya, kemarin (21/1).
Tahun 2019 ini terdapat 11.439 ribu buku yang telah masuk di aplikasi inlis (integrated library system) serta 34.356 eksemplar serta ada 20 judul buku dari hibah penulis. Rencananya, tahun 2020 akan terus meningkatkan minat baca masyarakat Bojonegoro, pihak Perpus juga bekerja sama dengan Dinas Pendidikan tentunya.
“Untuk lokasi yang jauh dari perpustakaan daerah, pihaknya akan menjemput bola melalui mobil Perpustakaan Keliling (Puskeling) baik di sekolah maupun tempat wisata,” tandasnya.
Selain itu, tahun 2020 pihaknya juga mendongkrak minat baca masyarakat melalui berbagai agenda, diantaranya bedah buku untuk SLTA hingga umum, lomba mewarnai kategori TK, story telling di 20 lokasi.
“Seperti kunjungan perpustakaan untuk literasi, pelatihan literasi digital untuk tingkat SLTP, pembinaan perpustakaan desa dan sekolah serta konsultan perpustakaan secara personal,” pungkasnya. [bas]

Tags: