Pengunjung Umbul Diprediksi Tembus 15 Ribu Orang

6-foto A dar-TWU DolopoKab. Madiun, Bhirawa
Pada liburan Tahun Baru 2015 nanti, Taman Wisata Umbul (TWU) yang terletak di Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, diprediksi bakal dipadati sekitar 15 ribu pengunjung. Asumsi ini, mengacu pada liburan Tahun Baru 2014 lalu yang mencapai sekitar 12 ribu pengunjung.
“Tahun Baru 2014 lalu, jumlah pengunjung mencapai 12 ribu orang. Berdasarkan pengalaman tahun 2014, kami optimis pada liburan Tahun Baru 2015, jumlah pengunjung bisa mencapai 15 ribu orang,” kata Direktur Taman Wisata Umbul, Afri Handoko, kepada wartawan, Minggu (28/12).
Prediksi jumlah pengunjung yang akan meningkat, lanjut Afri, bukannya tanpa alasan. Pasalnya, saat ini di Wisata Umbul ada beberapa wahana baru sebagai daya tarik wisatawan. Diantaranya Bianglala, Kora-Kora (perayu ayun), Outbond Kid dan Roller Coaster dengan lintasan yang panjang.”Kami juga punya bioskop tiga dimensi. Namun masih dalam tahap uji coba. Selain itu, juga akan kami datangkan beberapa binatang dari Kebun Binatang mini Sentul, Blitar, yang telah ditutup,” tambah Afri.
Untuk itu, papar Afri, dipastikan selama 2014 hingga tahun baru nanti, jumlah pengunjung Wisata Umbul bisa menembus angka 115 ribu lebih pengunjung. Pasalnya, per akhir November 2014, jumlah pengunjung sudah mencapai 100 ribu orang lebih. “Kalau dirata-rata, selama musim liburan ini jumlah pengunjung mencapai 1300 orang tiap hari atau ada kenaikan 40-60%. Untuk PAD (Pendapatan Asli Daerah), kami juga sudah penuhi sebesar Rp75 juta,” pungkas Afri.
Salah satu pengunjung, Sumiatun (52), asal Kota Madiun, mengaku merasa puas dengan semua fasilitas yang ada di Wisata Umbul. Alasannya, dengan merogoh saku antara Rp5 ribu-Rp7 ribu tiap wahana, sudah bisa membuat senang keluarga. Terutama cucunya.
“Cukup bagus. Juga tidak terlalu mahal. Satu tempat permainan antara Rp5 ribu-Rp7 ribu sudah bisa menyenangkan cucu. Selain itu, tempat ini juga dekat dari rumah. Daripada jauh-jauh ya enak disini (Umbul),” kata Sumiatun, kepada wartawan, Minggu (28/12). [dar]

Keterangan Foto : Suasana Taman Wisata Umbul (TWU) di Desa Glonggong Kecamatan Dolopo Kab. Madiun selama Natal 2014 dan liburan tahun baru 2015 dibanjiri pengunjung. [sudarno/bhirawa]

Tags: