Penjangkauan PPKS, Rakor Bahas Jalan Terang Pak Kumis

Pemprov Jatim, Bhirawa.
Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) melalui Balai Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial (PRS) Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Sidoarjo Dinas Sosial (Dinsos) Jatim mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) membahas program Jaringan Layanan Terpadu Penanganan PPKS Berbasis Keluarga dan Komunitas (Jalan Terang Pak Kumis).

Kegiatan yang bertempat di aula Balai PRS PMKS Sidoarjo rakor ini mengundang perwakilan dari pihak Dinsos Kab Sidoarjo, Psikolog dan juga pihak Puskesmas Sidoarjo.

Semua nya bersinergi dalam program Jalan Terang Pak Kumis. Turut hadir Kepala Balai PRS PMKS Sidoarjo Muhammad Tabrani SH MH beserta pejabat struktural dan juga pekerja sosial fungsional.

Muhammad Tabrani memaparkan secara detail program Jalan Terang Pak Kumis kepada semua pihak yang hadir. Dia juga mengharapkan dukungan dari pihak terkait diantaranya pihak Dinsos Kabupaten Sidoarjo untuk data PPKS yang bisa dijangkau.

Untuk Puskesmas Sidoarjo dan Psikolog juga diharapkan support tentang kesehatan jiwa dan terapi psikososial. Selain itu dukungan dari keluarga dan komunitas melalui kader kader kesehatan jiwa juga diharapkan dalam menjalankan program ini.

Semua pihak yang hadir menerima dengan tangan terbuka tentang usulan program Jalan Terang Pak Kumis. Karena program ini juga dianggap membantu pihak pihak terkait dalam menyelesaikan masalah.

“Kami, Balai PRS PMKS Sidoarjo mengajak semua perwakilan yang ada disini untuk bersama sama mengatasi permasalahan sosial, khususnya di Sidoarjo. Karena program ini adalah program bersama dan memberi manfaat kepada sesama,” ungkapnya.

Dia juga menambahkan bahwa masukan dari beberapa aspek sangat dibutuhkan dalam program ini. “Ini adalah tim, yang nantinya kami akan bekerja bersama sama. Semoga dengan program ini kami bisa memberikan pelayanan yang lebih cepat kepada masyarakat mengenai permasalahan sosialnya yaitu permasalahan yang berkaitan dengan gelandangan, pengemis dan gelandangan psikotik,” pungkasnya. [rac.gat]

Tags: