Penjualan Semen Wilayah Kalteng Capai 272 Ribu Ton

20-Foto temu pelanggan Kalteng 2-kim-2Gresik, Bhirawa
Penjualan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dengan produk merk Semen Gresik di Area Kalimantan Tengah terus mengalami peningkatan. Hingga Oktober 2014, penjualan Semen untuk area Kalimantan Tengah meliputi Palangkaraya, Pulang Pisau, Kuala Pembuang, Waringin Barat dan Timur serta Gunung Mas mencapai 272 ribu ton dengan market share sebesar 65%.
Menurut Kepala Departemen Penjualan Semen Indonesia, Bambang Djoko, konsumsi semen di Kalimantan Tengah terus meningkat seiring dengan meningkatnya arus transmigrasi dari pulau Jawa ke Kalimantan Tengah. Keberadaan semen telah diuntungkan karena kepercayaan para transmigran terhadap brand semen, sewaktu di Jawa terus dibawa sampai Kalteng ini. Selain itu, kini pemerintah sedang gencar-gencarnya membangun infrastruktur seiring dengan pemekaran wilayah baru di Kalimantan Tengah.
”Kualitas menjadi konsentrasi sehingga pihak kontraktor juga mempercayai produk kami. Meskipun disini banyak pilihan merek, kami yakinkan kepada mereka bahwa Semen Gresik memiliki kualitas terbaik. Semen Indonesia akan terus memperkuat posisi pasar di Kalimantan Tengah, dan dibukanya (MEA) Masyarakat Ekonomi Asean 2015 mendatang. Akan semakin memperketat penetrasi pasar semen di Indonesia, akan banyak kompetitor yang masuk, semakin variatif merk Semen yang beredar di pasar,” paparnya.
Namun Semen Indonesia telah siap dengan tambahan kapasitas sebesar 6 juta ton, yaitu dari pabrik baru di Rembang Jawa Tengah serta Indarung VI Sumatera barat yang masing-masing memiliki kapasitas sebesar 3 juta ton.
Di Kalimantan Tengah sendiri hingga Oktober 2014 menyerap 11,5% dari seluruh kebutuhan semen di Pulau Kalimantan. Sedangkan secara keseluruhan konsumsi semen di  Kalimantan periode Januari, hingga Oktober  2014 mencapai 3,63 juta ton naik sebesar 1,7% dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 3,57 juta ton. Kalimantan merupakan konsumsi semen tertinggi ketiga diluar Pulau Jawa, setelah Sumatera sebesar 10,17 juta ton dan Sulawesi yang mencapai 3,64 juta ton.
Ditambahkan Bambang, sebagai wujud apresiasi atas penjualan Semen Gresik di wilayah ini, perusahaan menggelar Customer Gathering untuk toko/retail area Kalimantan Tengah yang dilaksanakan di Kalawa Convention Hall, Palangkaraya. Customer Gathering dihadiri 1.200 orang, yang diramaikan artis ibu kota yakni Geisha Band. Pada acara Customer Gathering juga diberikan penghargaan best customer kepada 10 toko berprestasi. Juga membagikan ratusan doorprize. Karena
melalui dukungan para mitra inilah, perseroan dapat menjaga posisi sebagai market leader sebesar 44 persen di tingkat nasional. [kim]

Keterangan Foto : Peserta customer gathering di Kalawa Convention Hall, Palangkaraya yang mendapatkan penghargaan dari PT Semen Indonesia.

Tags: