Penjualan Stagnan, Evalube Targetkan Kenaikkan 10 Persen

Marketing Manager Commercial Division Evalube, Ivan Rastianto bersama Brand Ambasador Evalube David John Schaap. [achmad tauriq]

Marketing Manager Commercial Division Evalube, Ivan Rastianto bersama Brand Ambasador Evalube David John Schaap. [achmad tauriq]

Surabaya, Bhirawa
Dampak iklim ekonomi di Indonesia yang melambat tahun lalu hingga saat ini masih terasa bagi produsen oli salahsatunya Evalube, karena diperkirakan penjualan oli tahun ini stagnan. Untuk itu perlu strategi penjualan diantaranya dengan memanfaatkan momen Ramadan ini.
Menurut Marketing Manager Commercial Division Evalube, Ivan Rastianto saat ditemui pada acara buka puasa dengan komunitas sepeda motor dengan bintang iklan Evalube, David John Schaap di Surabaya, Senin (27/6) kemarin mengungkapkan, stagnanya penjualan oli terlihat dari penjualan selama lima bulan terkhir, bahkan dibandingkan tahun sebelumnya dengan konsumsi sekitar 800 juta liter. Dari jumlah tersebut, 500 juta liter untuk industri dan 300 juta liter untuk sepeda motor dan mobil.
“Untuk itu, produsen banyak melakukan strategi memanfaatkan momentum memacu penjualan. Salah satunya memanfaatkan momen mudik dengan gencar melakukan promo menggandeng komunitas motor memanfaatkan momentum puasa  dan mudik saat Lebaran,” jelasnya.
Ivan berharap untuk tahun ini ada kenaikkan, meskipun sangat tipis setidaknya di kisaran 10%. “Sepanjang Januari – Mei 2016, penjualan oli Evalube yang memproduksi 32 varian untuk mesin motor dan mobil, relatif masih sama dengan penjualan tahun 2015, kalaupun ada kenaikan tidak terlalu besar,” terangnya.
Sementara pihaknya mentargetkan penjualan tahun ini naik sebesar 10%, target ini dipatok karena pada 2015, penjualan Evalube naik 6% dibanding 2014. “Inilah yang sekarang jadi PR (pekerjaan rumah) kita. Makanya, pada semester dua nanti penjualan akan terus kita genjot,” ujarnya.
Sedangkan Ivan optimistis pada semster II akan meningkat sesuai target, tTanda-tanda itu mulai terlihat. Memasuki bulan Juni, pada bulan puasa ini penjualan oli Evalube terkatrol naik hingga 20%. Pihaknya berharap, trend kenaikan itu berlanjut hingga bulan Juli, saat Lebaran Idul Fitri nanti.
“Ini penting, karena masuk bulan Agustus, penjualan diperkirakan akan kembali normal lagi,  makanya setelah Agustus nanti, produk eksisting akan kita upgrade lagi,” tandasnya. [riq]

Tags: